MIN 2 Bantul Pelatihan Soal HOTS, Bekal Peningkatan Pembelajaran Siswa


MIN 2 Bantul Pelatihan Soal HOTS, Bekal Peningkatan Pembelajaran Siswa
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-31 16:41:19

Bantul (MIN 2 Bantul) - MIN 2 Bantul, Kamis, (18/3) adakan pelatihan penulisan soal HOTS ( High Order Thinking Skills). Pelatihan diikuti oleh semua guru MIN 2 Bantul dan Karyawan. Diharapkan dalam pelatihan ini, Para guru baik kelas bawah maupun kelas atas dapat mengembangkan pembelajaran yang dapat meningkatkan daya berpikir siswa. Pembelajaran tidak hanya memahamkan siswa saja, namun siswa hendaknya dapat mengembangkan daya nalarnya sesuai dengan tingkatan berpikir C1_6 ( Menurut taxonomi bloom).

Pelatihan disampaikan oleh Rini Astuti,S.Pd, M.Pd (Pengawas Madrasah dan RA) yang memberikan materi tentang Ciri-ciri soal HOTS, Cara membuat soal HOTS, dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Selanjutnya Guru-guru praktik membuat soal HOTS yang diawali dengan telaah KD dan pembuatan Kisi- kisi.

Dalam kesempatan itu, Pengawas Madrasah selaku pengawas MIN 2 Bantul, Muhammad Kuncoro,S.Ag,M.Pd juga memberikan pesan bahwa Walaupun di masa pandemi, guru tetap harus memberikan pembelajaran yang bermakna kepada para siswa. Pembelajaran tetap harus berlangsung dengan mengedepankan kemampuan siswa.

Acara diakhiri dengan presentasi salah satu perwakilan guru dari kelas atas, Ahmad Farid, S.Pd.I,M.Pd. Sedangkan dari kelas bawah Endang Tisngatun,S.Pd. Dengan praktik seperti itu, diharapkan nantinya guru dapat membuat soal harian, UTS, ataupun PAS sesuai dengan tingkatan berpikir dari C1_6.

Kepala Madrassh Siti Fatimah,S.Pd.I,M.S.I mengharapkan selesai pelatihan, guru-guru dapat membuat soal HOTS untuk pembelajaran yang disesuaikan dengan KD. Sehingga RPP yang dibuat, bisa mencerminkan pembelajaran yang bermakna bagi kehidupan siswa. ( Noor B)

Kontributor : MIN2BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 42

Bagikan