MTsN 9 Bantul Dukung Kemenag Bantul dalam Penilaian WBBM


MTsN 9 Bantul Dukung Kemenag Bantul dalam Penilaian WBBM
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-30 22:27:09

Bantul (MTsN 9 Bantul) -- Senin (22/03/2021), berdasarkan PMA Nomor 29 Tahun 2020 tentang Roadmap Reformasi Birokrasi 2020-2024, Kementerian Agama terus memperluas pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), termasuk di antaranya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Kankemenag Bantul pun menghadapi penilaian Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tersebut. Tim penilai Inspektorat Jenderal Kementerian Agama yang bertugas dalam kesempatan ini terdiri dari 4 orang, yaitu Nur Arifin selaku penanggung jawab, Anggun Wibisono sebagai ketua tim, Hasyim Prasetyo, dan M. Raja Perkasa Alam sebagai anggota.

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil Kemenag DIY, Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I. yang turut hadir menyampaikan beberapa poin penting, di antaranya akan adanya tanda tangan elektronik untuk surat masuk via online sebagai peningkatan layanan kepada masyarakat. Lebih lanjut, semua satker akan menandatangani pakta integritas untuk zona integritas. Disampaikan pula bahwa ada 4 madrasah di Bantul yang menjadi piloting zona integritas WBK, salah satunya adalah MTsN 9 Bantul.

Saat sesi penilaian berlangsung, disampaikan beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh Kemenag Bantul, di antaranya inovasi kaperu (KTP, KK, dan Buku Nikah untuk pengantin baru), live streaming akad nikah, penyediaan EDC untuk biaya nikah, KPK (Klinik Pengembangan Karir), PTSP online beserta tanda tangan elektronik, lomba logo tagline Kemenag Bantul Bintang 6 sangat memuaskan, pantauan ASN KUA online, Saya Ingin Belajar Temukan Kesuksesan (SibTenan), mengunggah video di youtube, pendaftaran haji expres (fotokopi syarat-syarat gratis), dan kinerja pelayanan kategori prima.

Selanjutnya disampaikan pula pemaparan per komponen untuk penilaian eviden. Sebagai upaya dukungan, MTsN 9 Bantul menyiapkan beberapa eviden terkait penataan sumber daya manusia (SDM), di antaranya adalah rekap semua guru yang telah mengikuti workshop, bimtek, dan diklat di tahun 2020. Atik, sapaan akrab Kepala MTsN 9 Bantul, mengungkapkan rasa bangganya karena MTsN 9 Bantul ditunjuk menjadi salah satu madrasah yang menjadi piloting ZI WBK ini. “Semoga dengan hal ini bisa memacu semangat kami untuk semakin menjadi madrasah yang hebat dan bermartabat," pungkasnya. (tsw)

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 71

Bagikan