Menuju Zona Integritas, MAN 1 Yogyakarta Sambut Tim Penilai Internal Itjen Kemenag RI


Menuju Zona Integritas, MAN 1 Yogyakarta Sambut Tim Penilai Internal Itjen Kemenag RI
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-30 21:22:16

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Usaha maksimal ditempuh MAN 1 Yogyakarta dalam rangka menuju zona integritas: Wilayah Bebas dari Korupsi(WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani(WBBM), dalam meningkatkan pelayanan masyarakat. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd dalam menyambut Tim Penilai Internal Ispektorat Jenderal(Itjen) Kementerian Agama Republik Indonesia: Dr.H.Nur Arifin, M.Pd., Dr.H.Khalilurrahman, M.A.,  Nurul Ghazy, S.Sos, dan Taufiq Kurrohman, S.Pd.I., Senin-Selasa (29-30/03/2021).

Menuju Zona Integritas, MAN 1 Yogyakarta Sambut Tim Penilai Internal Itjen Kemenag RI

Terang Wiranto, Langkah-langkah Zona Integritas(ZI) telah ditempuh, mulai pembentukan surat Keputusan, sosialisasi, dan time line kerja, yang meliputi manajemen perubahan, penatalaksanaan, penataan sistem manajemen Sumber Daya Manusia(SDM), dan penguatan akuntabilitas.

Ungkapnya, beberapa inovasi telah dilakukan antara lain; Madrasah Robotik yaitu bentuk layanan madrasah dalam bidang pengembangan minat dan bakat siswa, smart parenting online, motivasi online, tabligh akbar hybrid system(luring dan daring), sarasehan, bahkan PPL online yaitu pendampingan mahasiswa yang praktik meski dalam kondisi pandemi corona.

Inovasi lainya, untuk meningkatkan pelayanan publik, madrasah telah mengadakan Mercy Podcast Media Informasi dan pengembangan diri dalam bidang digital, serta merancang Aplikasi Sistem Digital Madrasah MAN 1 Yogyakarta atau disingkat ‘Sidimas’, yang memudahan akses layanan seluruh layanan yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah via laptop atau telepon pintar berbasis android.

Selama dua hari, Tim Penilai Internal Itjen Kemenag RI telah mendampingi dan mengecek kesiapan MAN 1 yogyakarta dalam penilaian zona integritas. Tampak semua dokumen tertata rapi, dihadapan mereka. Secara bertahap, Tim juga menkonfirmasi setiap dokumen kepada guru dan pegawai madrasah yang bertugas.

Dalam acara penutupan penilaian internal ini, Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua tim yang telah membimbing dan mendampingi guru dan pegawai yang bertugas pada zona integritas.

“Terima kasih atas pendampingan selama dua hari ini, komitmen kita bersama, zona integritas terus kita kembangkan,”ujarnya.

Sementara itu, Dr.Khalilurrahman menyampaikan hasil monitoring dan hal-hal yang perlu diperbaiki dan dilengkapi. Menurutnya, kalau masih ditemukan kekurangan dalam dokumen-dokumen yang tersedia menjadi hal yang wajar.

“Segela kekurangan bapak ibu itu juga kekurangan kita dari Kementerian Agama,” ujarnya.

Terimakasih atas kerjasamanya, mudah-mudahan mendapat balasan dari Allah SWT. Semoga MAN 1 Yogyakarta sebagai satuan kerja(Satker)  yang layak mendapatkan  predikat Zona Integritas," pungkasnya. (dzl)

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 89

Bagikan