Siswa MAN 4 Bantul Dalami Penelitian Tentang Ketahanan Pangan Organik di Peternakan 78 Farm


Siswa MAN 4 Bantul Dalami Penelitian Tentang Ketahanan Pangan Organik di Peternakan 78 Farm Siswa sedang mengunjungi kandang peternakan
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-29 23:53:14

Bantul (MAN 4 Bantul) – Pengelola peternakan Kambing dan Domba 78 Farm yang berada di Godean Sleman memiliki cara yang unik dalam menyediakan pangan bagi hewan peliharaan mereka. Rumput dan dedaunan menjadi pilihan utama mereka dari pada pakan buatan seperti konsentrat. Siswa MAN 4 Bantul Yogyakarta (Manembayo) tertarik untuk meneliti tentang bagaimana mereka menyediakan pangan organik untuk 600 kambing mereka setiap harinya.

Penelitian yang dilakukan oleh siswa Manembayo pada Kamis (25/03/21) fokus pada ketahanan pangan organik untuk mencukupi hewan ternak yang sangat banyak. Narasumber yang dipilih adalah kepala kandang yang bernama budi. Setelah melakukan wawancara dan tinjau lokasi, siswa Manembayo menemukan lahan seluas enam hektar yang ditanami rerumputan sejenis pacong dan odot untuk memenuhi kebutuhan pangan hewan ternak.

Kepala Manembayo Singgih Sampurno membiarkan anak didiknya untuk belajar di kandang kambing agar mendapat pengalaman baru. Melihat pengelolaan hewan ternak secara langung lebih berkesan dari pada hanya sekedar mendapat teori dari buku-buku. “Dengan datang ke tempat peternakan secara langsung, mereka dapat belajar lebih detail tentang peternakan,” ujar Singgih. (uun)   

 

Tetap Sehat dan Tetap Semangat Lawan Covid-19

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 98

Bagikan