Peluncuran Program Buku KAGGUM, Upaya Tingkatkan Gemar Menulis GTK MAN 3 Bantul


Peluncuran Program Buku KAGGUM, Upaya Tingkatkan Gemar Menulis GTK MAN 3 Bantul Peluncuran program penulisan buku KAGGUM di Perpusatakaan Ulil Albab, MAN 3 Bantul, Sabtu (27/3). (Dok. Foto: Kholif Diniawati)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-27 20:42:19

Bantul (MAN 3 Bantul) – Menulis merupakan suatu kerja untuk keabadian karena dengan menulis, kita akan menghasilkan karya yang dapat terus dikenang, tak lekang oleh waktu. Namun, pada masa kiwari, problem yang ditemui bukan karena kurangnya fasilitas, tapi belum terbangunnya minat untuk menghasilkan karya tulis. Hal tersebut menjadikan MAN 3 Bantul menginisiasi adanya program penulisan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Program penulisan buku Karya Pegawai dan Guru MAN 3 Bantul (KAGGUM) diluncurkan oleh Syamsul Huda (Kamad MAN 3 Bantul), Sabtu (27/3) di Perpustakaan Ulil Albab, MAN 3 Bantul. Pada kesempatan tersebut, Syamsul Huda yang juga akan berpartisipasi langsung dalam program buku KAGGUM tersebut menyampaikan apresiasi terkait adanya inisiasi program penulisan buku oleh GTK MAN 3 Bantul. “Saya mengapresiasi program penulisan buku ini. Saya berharap, buku karya GTK MAN 3 Bantul dapat menjadi acuan dan memberikan manfaat bagi pembacanya, sehingga dapat memberikan amal jariyah tentunya,” kata Syamsul Huda ketika peluncuran program.

Kholif Diniawati, Ketua Perpustakaan Ulil Albab sekaligus inisiator program penulisan buku KAGGUM, mengungkapkan, program ini dapat menjadi ajang GTK MAN 3 Bantul untuk menghasilkan karya tulis dalam bentuk buku. “Tahun ini, kita programkan buku KAGGUM, harapannya setiap guru dapat menyusun satu buku dengan materi yang dapat dipilih, yaitu buku pelajaran, buku pendidikan, antologi cerpen atau novel. Selain itu, peserta juga boleh memilih materi lain yang sesuai dengan potensi yang dimiliki,” papar Kholif Diniawati dalam sosialisasinya tentang program menulis.

Rencananya, setelah selesai, buku yang dihasilkan oleh GTK MAN 3 Bantul akan dicetak dan ber-ISBN, sehingga tak hanya menjadi ajang berlatih menulis saja, tapi juga dapat digunakan untuk menambah nilai pada Penilaian Angka Kredit (PAK) bagi ASN. Kholif menambahkan, program penulisan buku KAGGUM merupakan agenda ketiga, mengingat, pada dua tahun sebelumnya pernah juga diadakan program penyusunan antologi puisi bagi GTK MAN 3 Bantul. “Peluncuran buku KAGGUM menjadi istimewa karena diharapkan buku yang terbit nantinya adalah buku solo karya GTK MAN 3 Bantul, bukan antologi sebagaimana tahun-tahun sebelumnya” tambah Kholif.

Acara sosialisasi dan peluncuran buku KAGGUM diikuti oleh 25 peserta. Tak hanya guru saja, tapi tenaga kependidikan juga berpartisipasi dalam program ini. Selain itu, guru yang turut serta juga dari berbagai mata pelajaran di MAN 3 Bantul. Dalam acara, terdapat tukar pendapat dan saling berbagi pengalaman dalam menulis antarpeserta yang mengikuti program. Acara kemudian diakhiri dengan pemberian semangat untuk terus berinovasi dan berkrasi bagi seluruh GTK MAN 3 Bantul. (rez)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 72

Bagikan