Kesan Mendalam Mahasiswa PLP UIN SUKA untuk Kankemenag Kulon Progo


Kesan Mendalam Mahasiswa PLP UIN SUKA untuk Kankemenag Kulon Progo
Kategori : KABUPATEN/KOTA
Tanggal : 2019-08-27 13:12:41

Kulon Progo (Kankemenag) – Masa tugas PLP KKN Integratif Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jurusan Managemen Pendidikan Islam telah usai. Penarikan secara resmi dilangsungkan di Aula Riptaloka kantor setempat, Selasa (27/8) pagi.

Berbagai kesan mendalam dari mahasiswa PLP KKN Integratif UIN SUKA Yogyakarta berhasil kami himpun. Ungkapan tulus dari hati mereka yang paling dalam selama PLP berlangsung.

Darti Damayanti (Maya) mengungkapkan bahwa keramahan pegawai membuatnya nyaman. “Rasa nyaman dan tim kerja yang baik membuat saya mengenal lebih dalam sistem yang ada di Kemenag Kulon Progo. Para pegawai yang kadang suka bercanda, ada waktu di saat serius juga, semua itu membuat saya tidak merasa canggung untuk meminta informasi yang lebih dalam. Tempat yang nyaman dan para pegawai yang ramah selalu memberi kenyamanan sehingga saya merasa senang selama 2 bulan di kantor. Banyak pelajaran, kisah dan kenangan yang indah,” ungkap Maya.

Hal senada diuraikan Nana Kurniawati yang asli Bantul ini. “Alhamdulillah...Saya sangat senang dan berkesan selama mengikuti kegiatan PLP di Kantor Kemenag Kulon Progo. Para Pegawai yang ramah membuat suasana yang nyaman. Dan selama di Kemenag saya banyak belajar berbagai hal. Terutama saya di Seksi Pendidikan Madrasah banyak dilibatkan diberbagai kegiatan. Contoh dalam kegiatan KSM dan rakor-rakor guru yang belum pernah saya ikuti. Semoga Kankemenag Kulon Progo makin berprestasi dan tambah sukses,” urainya.

“Sangat menyenangkan dikarenakan setiap pegawai dan staff di Kankemenag Kulon Progo menerima kami dengan tangan terbuka dan ramah tamah, terutama saya yang di PHU,” kata Moch Hilmi Aviciena secara singkat.

Sementara Winda Zulfiana mengaku mendapat banyak pengalaman selama PLP. “Alhamdulillah tidak terasa sudah 2 bulan saya dan teman-teman menjalani PLP di Kankemenag Kulon Progo. Banyak pengalaman dan pelajaran yang saya dapat selama di sini. Saya sangat bersyukur bisa dipertemukan dengan bapak-bapak dan ibu-ibu pegawai  yang sangat baik. Beliau-beliau mau mengajarkan kami mengenai pekerjaan-pekerkaan kantor yang awalnya saya dan teman-teman belum tahu sama sekali. Hingga akhirnya kami tahu dan bisa sedikit membantu pekerjaan yang bapak/ibu berikan kepada kami, yang mana hal tersebut bisa kami jadikan laporan akhir nantinya,” terangnya.

“Menurut saya banyak sekali kesan yang didapat selama di Kankemenag. Mulai dari bagaimana seseorang memposisikan diri dengan banyak kalangan, pekerjaan-pekerjaan kantor, surat-menyurat, serta kekeluargaan. Sambutan baik yang diberikan dari pihak Kemenag selalu menjadi hal yang dirindukan. Sapaan yang dibalut dengan sebuah candaan menjadi ciri khas dari para pegawai muda di Kankemenag Kulon Progo menjadi alasan mengapa saya betah disini,” ungkapan tulus Ahmad Nasihun Amin yang Alumni MAN 1 Yogyakarta ini.

Thahera Chahya Listianti yang asli Wonosobo mengaku apa yang dipelajarinya di bangku kuliah bisa dipergunakan untuk membantu praktik kerja di Seksi Pakis.  : “Saya pribadi sangat senang dan bersyukur dapat melaksanakan PLP Kankemenag Kulon Progo. Saya dapat praktik secara langsung mengenai kegiatan manajerial. Apalagi saya di Seksi Pakis sangat banyak belajar dan banyak mengikuti yang sesuai dengan apa yang sudah kami pelajari di bangku kuliah. Sangat senang dan para pegawai ramah-ramah, mudah berbaur dan selalu membimbing kami selama PLP,” katanya.

“Sangat berkesan. Apalagi ketika berpapasan dengan pegawai Kemenag selalu menampakkan wajah ceria sembari tersenyum, kemudian berjabat tangan. Itu yang paling berkesan,” singkat kata dari Jumri, mahasiswa asli Riau yang selama PLP jadi rajin adzan di mushola Kankemenag Kulon Progo ini.

Sedangkan Alin Yuletnawati mengungkapkan perasaan senangnya selama PLP. “Di sini disambut dengan baik oleh seluruh pegawai Kemenag, serta diikutkan dalam berbagai acara.  Pegawai yang  ramah dan suasana kekeluargaan, membuat saya tidak ingin beranjak dari sini. Tapi waktu begitu cepat berlalu, menuntut saya dan teman-teman untuk segera melanjutkan study kami. Terimakasih kepada seluruh pegawai kemenag telah menerima kami dan memberikan pengalaman yang mengesankan menjadi pegawai selama 2 bulan,” ucap Alin yang asli Pundong, Bantul ini.

Disisi lain, Dea Candrawati dari Sewon mengungkapkan bahwa dirinya di Kankemenag Kulon Progo sudah seperti keluarga. “Memang saya di Kemenag utk PLP, tapi yang saya rasakan adalah homeschooling. Lembaga ini benar-benar seperti keluarga. Bukan saja mengajarkan ilmu-ilmu perkantoran, melainkan segala hal tentang bagaimana hubungan vertikal dan horizontal manusia. Pokoknya Kemenag Kulon Progo gayeng.. Terima kasih saya sampaikan untuk Kankemenag Kulon Progo, lebih khusus bagian UMUM dan PTSP,” urai Dea yang selalu ceria ini.

“Selama PLP di Kankemenag Kulon Progo menyenangkan dan banyak hal positif yang dapat diambil. Yakni dapat memberikan gambaran bagaimana bekerja di dunia nyata, bertemu dengan banyak orang dengan berbagai karakter sehingga di situ dapat memberikan pelajaran dan pengalaman bagaimana harus bersikap ketika berada di dunia kerja. Selain itu dapat melatih komunikasi dan kerja sama tim untuk menyelesaikan permasalahan di dunia kerja,”kesan Sara Diana yang tinggal di Banguntapan, Bantul.

Yang terakhir Afifatur Rohmah dari Lampung menyampaikan bahwa selama di Kankemenag senang bisa kenal dengan pegawai yang ramah, baik, dan humoris. “Dari Kemenag saya mendapat banyak pengalaman yang belum pernah didapat, mulai dari berinteraksi dengan pegawai-pegawai Kemenag, senam bersama, mengikuti bimbingan perkawinan serta mengetahui pekerjaan apa saja yang dilakukan oleh pegawai Kemenag. Dari pegawai memberikan bimbingan, pelajaran serta pengalamannya kepada mahasiswa,” ungkapnya. (abi)

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 820

Bagikan