Pelatihan FRA dalam Program Inspiring Library di MIMAGA


Pelatihan FRA dalam Program Inspiring Library di MIMAGA
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-25 15:45:45

Kulon Progo,( MIMAGA) – Kepala Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Garongan beserta seluruh guru dan pustakawan  mengikuti pelatihan FRA (Fun Reading Activities) yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa  Yogyakarta melalui Program Inspiring Library  di madrasah setempat . Pelatihan Fun Reading Activities diikuti oleh 15 guru MIMAGA dan 5 guru sekolah imbas di sekitar madrasah dengan dihadiri oleh Pengawas Pendidikan Madrasah, Drs. R.Imam Aladin Nur, Kamis (25/3/2021).

Dalam sambutannya Drs. R. Imam Aladin Nur mendukung sepenuhnya dengan pelatihan  FRA hari ini.  Di era digital seperti sekarang ini aktivitas membaca sangat kurang, untuk itu perlu ditumbuhkan  kepada siswa untuk selalu rajin membaca diawali dengan keterampilan membaca dan menulis dengan benar. “Marilah kita tanamkan membaca sejak dini bagi anak-anak kita di madrasah, karena  menggali imajinasi itu harus dengan membaca,” ujar  Imam Aladin.

Sementara itu Kepala Madrasah, Pertiwi Endah Pamungkas, SE. S.Pd. merasa sangat bersyukur di tahun 2021 ini masih mendapatkan program Inspiring Library tahap kedua, sehingga pendampingan perpustakaan MIMAGA Library dapat  optimal di tahun kedua ini. “Kami ucapkan terimakasih kepada Dompet Dhuafa Yogyakarta yang pada tahun 2021 ini masih memberikan program Inspiring Library lanjutan tahap kedua dan memberikan pelatihan FRA pada hari ini. Bagi MIMAGA semoga seluruh guru dan pustakawan  MIMAGA semakin berdaya guna dalam mengembangkan aktivitas membaca bagi siswa-siswi MIMAGA,” tegas Pertiwi Endah.

Sedangkan Narasumber dari Tim Inspiring Library Dompet Dhuafa Yogyakarta, Wahyu Widiyati  dalam pelatihan FRA (Fun Reading Activities) mengajak seluruh peserta pelatihan memperkenalkan bagaimana cara membaca menyenangkan agar siswa dapat merasa senang saat membaca buku. “Dengan membaca dapat menyebabkan kita menjadi lebih baik dan lebih bijak dalam menghadapi kenyataan. Membaca adalah sumber kebahagiaan literasi dan perkembangan yang bagus,” katanya.

Lebih lanjut Wahyu menyampaikan secara detail materi dalam FRA (Fun Reading Activities) ada 4 kegiatan membaca menyenangkan antara lain, Membaca Lantang, Membaca Bersama, Membaca Berpasangan, dan Membaca Mandiri. Dalam pelatihan kali ini dibagi dua sesi. Sesi 1 untuk penyampaian dan penjelasan materi FRA. selanjutnya sesi 2 untuk Praktikum. Dalam  Sesi 2 Praktikum  ini peserta pelatihan FRA dibagi menjadi 4 kelompok kemudian setiap kelompok mempraktikkan FRA (Fun Reading Activities)  bagaimana kegiatan membaca yang menyenangkan dengan 4 kegiatan tersebut.

Diakhir sesi Narasumber Wahyu Widiyati dengan penuh semangat mengajak seluruh peserta pelatihan FRA (Fun Reading Activities) hari ini untuk dapat segera mengaplikasikan di kelas masing-masing. Baik itu guru dan pustakawan MIMAGA, maupun Guru di sekolah imbas. “Bacalah dengan gaya menyenangkan, tapi yang paling dinantikan adalah membaca dengan hati tulus dan girang. Sehingga kebahagiaan akan mengalir pada diri anak (pendengar),” tandas Wahyu.

Salah satu peserta pelatihan, Binti Salamah, S.Ag. mengaku senang dengan mengikuti pelatihan ini, karena dapat menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana membaca menyenangkan itu. “Alhamdulillah dengan mengikuti pelatihan dari Inspiring Library hari ini saya menjadi lebih tahu kegiatan dan aktivitas dalam FRA (Fun Reading Activities). Membaca menyenangkan dan tentunya saya siap untuk mengaplikasikan serta menerapkan di MIMAGA,” ungkap Binti dengan penuh semangat. (ama/abi/tnf)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 188

Bagikan