MAN 5 Sleman Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Soal HOTS


MAN 5 Sleman Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Soal HOTS
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-25 09:24:46

Sleman (MAN 5 Sleman)—Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun yang ke-24, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Sleman mengadakan Workshop Penulisan Soal HOTS. Acara ini berlangsung selama dua hari Rabu-Kamis (17-18/03). Dihadiri oleh Dra. Hj. Charisatuniswah  sebagai pemateri, Drs. H. Daryono, M.Pd.  sebagai pengawas MAN 5 Sleman dan Drs. H. Sa’ban Nuroni, M.A., Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman. Bertempat di aula madrasah, peserta workshop adalah seluruh guru MAN 5 Sleman dan Madrasah Aliyah Darussholihin.

Hari pertama (17/03) materi penyusunan soal HOTS disampaikan oleh Dra. Hj. Charisatuniswah. Dalam pembukaannya, beliau menyampaikan bahwa dalam inspeksi yang dilakukan secara acak baik dari MIN, MTs dan MAN yang ada di Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta  dari  800 guru mata pelajaran yang mampu membuat soal HOTS baru 200 orang. Ini berarti hanya 25% dari jumlah guru mapel yang mampu membuat soal HOTS. Menindaklanjuti  temuan kasus tersebut maka perlu diadakan Workshop Pelatihan Soal HOTS. HOTS sendiri memiliki pengerian kemampuan berfikir yang tidak sekedar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate) atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite).

MAN 5 Sleman Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Soal HOTS

MAN 5 Sleman Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Soal HOTS

Kepala MAN 5 Sleman, Drs. Aris Fua’d dalam sambutannya menyatakan, “Kegiatan ini tentu bermanfaat untuk penyusunan soal Ujian Madrasah nantinya, untuk para guru yang sudah membuat soal ujian Madrasah perlu melihat lagi bobot soal HOTS yakni dengan ketentuan  bobot untuk soal yang LOTS (Low Order Thinking Skill) yakni 20%, Soal MOTS  (Middle Order Thinking Skill) 50% dan HOTS (High Order Thinking Skill) 30% dari jumlah soal yang dibuat.”

Sebelum ishoma dilakukan potong tumpeng oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sleman, Drs. H. Sa’ban Nuroni, M.A. Beliau berharap semoga MAN 5 Sleman semakin maju dalam mencerdaskan siswa siswi generasi masa depan yang unggul  dalam teknologi informasi dan berakhalak karimah.

Setelah mendapatkan materi penyusunan soal HOTS para guru diminta untuk membuat kelompok kecil  sesuai dengan mapel yang diampu. Para guru berdiskusi untuk membuat contoh satu soal HOTS yang akan dipresentasikan di hari kedua workshop. Dalam presentasinya, para guru wajib menyajikan satu contoh soal HOTS, proses berpikir anak dalam penyelesaian soal tersebut sehingga bisa dikategorikan dalam soal HOTS, dan menyusun kisi-kisi soal yang terdiri dari kompetensi dasar, IPK (Indeks Pencapaian Kompetensi), materi, indikator soal, level kognitif dan bentuk soal. (nka) (fat)

Kontributor : MAN5SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 108

Bagikan