Inspektorat Jendral Kemenag RI Laksanakan Audit di MTsN 1 Bantul


Inspektorat Jendral Kemenag RI Laksanakan Audit di MTsN 1 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-23 20:52:54

Bantul (MTsN 1 Bantul) - Dua orang auditor  Inspektorat Jendral Kementerian Agama Republik Indonesia, Tri Kurniawan Muhammad Abdu dan Inne Saraswati Mey Lyana melaksanakan audit terhadap penggunaan data Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di MTs Negeri 1 Bantul, Selasa (23/3/21). Bertindak sebagai Ketua Tim, Tri Kurniawan Muhammad Abdu meanyakan dengan detail perihal penggunaan uang BOS untuk perpustakaan, begitupun Inne Saraswati Mey Lyana menanyakan perihal penggunaan dana BOS untuk pelaksanaan pendidikan terutama tentang peralatan olah raga.

Yang paling sibuk dalam menanggapi kedatangan tim Itjen Kemenag RI ini adalah Wakil Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Imam Sopingi, S.Pd karena sebagian besar dana BOS terserap dalam program kerjanya.

Inspektorat Jendral Kemenag RI Laksanakan Audit di MTsN 1 Bantul

“Kami usahakan jawaban dan bukti fisik yang sesuai dengan data yang ada. Salah satu contohnya adalah dalam pembelian buku paket untuk para siswa. Bila dalam nota pembelian tertera pengadaan buku dua ratus eksemplar, sementara siswa kelas IX tahun ini hanya berjumlah 185 siswa saja, dan semua siswa dipinjami buka paket tersebut, tentu ada 15 eksemplar yang tertinggal di perpustakaan. Dan itu kami cari serta ada bukti fisiknya. Contoh yang lain adalah, pembelian cup atau segitiga penanda batas lari dalam Mata pelajaran  Penjasorkes. Dalam pembeliannya terdapat 48 buah, maka guru mapel tersebut juga harus bisa menunjukkan sejumlah barang yang ada sesuai kuitansi meskipun barang tersebut dalam kondisi tidak sempurna alias rusak” kata Imam Sopingi.

Sampai dengan pukul 15.00 WIB Tim Audit belum selesai dalam bekerja, namun nampaknya untuk kegiatan audit esok harinya sudah pindah ke instansi lain. (vic)

Kontributor : MTSN1BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 41

Bagikan