Kasi Pengembangan Penyuluh Agama Islam Kemenag RI Kunjungi Revitalisasi KUA Sewon


Kasi Pengembangan Penyuluh Agama Islam Kemenag RI Kunjungi Revitalisasi KUA Sewon
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2021-03-19 21:29:33

Bantul (KUA Sewon)—Terdapat empat aspek revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) meliputi infrastruktur yaitu sarana prasarana, standar pelayanan dan SOP (standar operasional prosedur) yang konsisten, SDM (sumber daya manusia), dan digitalisasi. “Penghulu dan Penyuluh terus tingkatkan kompetensi diri, rasa kepemilikan KUA, layanan konsultasi, persoalan masyarakat lainnya,” tandas Kasi Pengembangan Penyuluh Agama Islam Kemenag RI, H. Amirulloh, M.Ag saat memberikan pembinaan sekaligus menyapa penyuluh agama di KUA Sewon, Rabu (17/03/2021) kemarin.

Kegiatan pembinaan itu dipandu oleh H. Ja’far Arifin dengan operator Rustam yang diikuti oleh POKJALUH (Kelompok Kerja Penyuluh) Bantul,  POKJALUH DIY dan FKPAI (Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam) Non PNS KUA Kapanewon Sewon Bantul D.I. Yogyakarta.

“Saya berharap kinerja penyuluh agama dapat aktif di berbagai media sosial, hadir di tempat anak jalanan, anak-anak punk, dan menjadi garda terdepan masalah radikalisme serta persoalan umat,” pintanya.

Sementara Kasi Bimas Islam Kemenag Bantul, Dr. H. Halili Rais, M.SI, meminta kepada Amirulloh agar kedepannya ada regulasi terkait pergantian antar waktu dan memperhatikan struktur penyuluh berkedudukan di KUA.

Sedangkan Kepala KUA Kapanewon Sewon, Asrori, SH kegiatan pembinaan ini bagian dari tindak lanjut dari tim yang dipimpin oleh Kepala Subdirektorat Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, H. Muhammad Adib, S.Ag yang akrap disapa Gus Adib didampingi Alissa Wahid, staf Menag Nuruzzaman yang menunjuk KUA Sewon sebagai role model revitalisasi KUA beberapa waktu lalu.

“Kami dari KUA Sewon, siap menindaklanjuti atas arahan dan pembinaan Kasi pengembangan PAI Kemenag RI,” kata Asrori. (rus/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 133

Bagikan