Temu Konsultasi Penanganan dan Identifikasi Paham Keagamaan, Kakanwil Ingatkan Tiga Pilar Moderasi Beragama


Temu Konsultasi Penanganan dan Identifikasi Paham Keagamaan, Kakanwil Ingatkan Tiga Pilar Moderasi Beragama
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2021-03-16 11:05:13

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY melalui Bidang Urusan Agama Islam menggelar Temu Konsultasi Penanganan Paham Keagamaan dan Identifikasi Paham Keagamaan. Kegiatan dihelat di Hotel Sahid, Babarsari, Yogyakarta, Senin-Selasa (15-16/03/2021).

Kakanwil H. Edhi Gunawan, M.Pd.I yang membuka kegiatan ini menjelaskan tiga pilar dalam moderasi beragama. “Pertama, komitmen berbangsa dan bernegara. Negara memfasilitasi, ibadah diserahkan kepada masing-masing tokoh agama untuk membimbingnya,” jelasnya.

Kedua, lanjut Kakanwil, terkait toleransi bahwa Indonesia itu plural. “Kita beragam saling melengkapi supaya lebih dinamis,” ungkapnya. Ketiga, Kakanwil mengingatkan untuk mengutamakan musyawarah. “Saling komunikasi sebagai jalan keluar, dengan dialog, diskusi terhadap persoalan,” tandasnya.

Selain itu, Kakanwil juga meminta seluruh elemen keagamaan untuk berprestasi dan berkontribusi dalam mencegah penyebaran covid dengan gerakan 5 M.

Sementara Kabid Urais H Nadhif MSi dalam laporannya menyatakan bahwa kegiatan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan yang merupakan program dari Hj. Ani Nurul Aini, SH, Kepala Seksi Bina Paham Keagamaan dan Kepustakaan Islam ini menghadirkan narasumber dari kepolisian, MUI, BIN dan Direktorat Urais Ditjen Bimas Islam Kemenag RI. Saat pembukaan kemarin juga dihadiri dari Direktorat Urais Dra Hj. Tutik Sobariati M. Hum dan Dr. H. Nur Ahmad Ghojali, MA, Kasi Kepenghuluan dan Fasilitasi Bina Keluarga Sakinah Kemenag DIY. Kegiatan diikuti para tokoh agama, penyuluh agama dan jajaran Kasi Bimas Islam se-DIY berjumlah 50 orang dengan penerapan protokol kesehatan. (gho/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 176

Bagikan