Pramuka MAN 1 Yogya Selenggarakan Upacara Pelantikan Bantara


Pramuka MAN 1 Yogya Selenggarakan Upacara Pelantikan Bantara
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-15 10:22:34

Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta) - Pramuka MAN 1 Yogyakarta selenggarakan Pelantikan Penegak Bantara Pramuka MAN 1 Yogyakarta, Ahad(14/03/2021) pagi, diikuti oleh 6 orang peserta putra dan 12 orang peserta putri.

Peserta yang dilantik adalah calon penegak yang telah menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara dan telah menempuh proses serta memenuhi persyaratan sesuai dengan standar yang ada.

Pramuka MAN 1 Yogya Selenggarakan Upacara Pelantikan Bantara

Dalam tingkatan Pramuka golongan Penegak, terdapat dua tingkatan yaitu Penegak Bantara dan Penegak Laksana. Sebelum mencapai tingkat Penegak Bantara, seorang calon penegak harus menempuh ujian SKU Penegak Bantara terlebih dahulu.

Dalam SKU tersebut, terdapat butir-butir kecakapan dan area pengembangan yang terdiri dari aspek Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik. Setelah lulus ujian, memenuhi semua kecakapan tersebut, dan mengikuti seluruh rangkaian prosesi pelantikan, maka calon penegak tersebut berhak untuk dilantik menjadi Penegak Bantara.

Upacara Adat Pelantikan Penegak Bantara biasanya setiap tahun dilaksanakan secara luring di lapangan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2021 ini Pramuka MAN 1 Yogyakarta kali pertama mengadakan Upacara Adat Pelantikan Bantara dengan kombinasi secara luring dan daring. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi kekhidmatan dalam pelaksanaan upacara.

Ambalan Alibasyah dan Ambalan Ratnaningsih pangkalan MAN 1 Yogyakarta menyelenggarakan Pelantikan Bantara yang merupakan program kerja Pramuka MAN 1 Yogyakarta masa bakti 2020/2021. Pelantikan Bantara tersebut diselenggarakan sebagai wujud kaderisasi dan sebuah proses dalam mengemban amanah serta tanggung jawab bagi Pramuka Penegak.

Melalui Pelantikan Penegak Bantara kali ini, Pramuka Penegak Bantara diharapkan sebagai generasi penerus yang memang benar-benar dibutuhkan, cerdas, dan memiliki karakter sesuai dengan Dasa Darma Pramuka.

"Kakak harap kalian sebagai generasi penerus, sebagai generasi yang memang benar-benar dibutuhkan, sebagai Penegak Bantara dan Dewan Ambalan yang cerdas, dan sesuai dengan Dasa Darma kita," tutur kak Dina Wahyuningtyas, S.Pd, Pembina Upacara dalam amanatnya. (wb/dzl)

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 307

Bagikan