MAN 3 Bantul Laksanakan Gathering Bagi Guru BK MTs/SMP Se-DIY dan Sekitarnya


MAN 3 Bantul Laksanakan Gathering Bagi Guru BK MTs/SMP Se-DIY dan Sekitarnya Paparan dari Narasumber
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-13 14:23:39

Bantul (MAN 3 Bantul) -  Pada hari Rabu (10/3/2021) MAN 3 Bantul mengadakan kegiatan Gathering bagi Guru BK SMP/MTs Se-DIY dan sekitarnya. Kegiatan tersebut mengusung tema Arah Pengembangan Profesi Guru Bimbingan Konseling. Sebagai pembicara adalah Dr. Sigit Sanyata, M. Pd, Ketua Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) merangkap Koord Prodi Bimbingan dan Konseling di UNY.  Kegiatan dilaksanakan di RM Kedung Bumbu Pleret Bantul. Dan diikuti oleh 47 guru dari 31 SMP/MTs di DIY dan sekitarnya.

Dalam paparannya Sigit menyampaikan mengenai Arah Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling yaitu melalui: pencapaian standar profesional (kepribadian, pengetahuan dan keterampilan), kejelasan tujuan dan misi yang dirancang dalam model Bimbingan dan Konseling yang terfokus penuh pada para siswa, bekerjasama dengan orang tua, guru, administrator, dan stakeholder lain, kebutuhan advokasi, ditunjukkan dengan partisipasi aktif berkontribusi pada pembuatan keputusan dan kebijakan, kebutuhan melayani semua siswa, menyiapkan pengalaman bagi siswa untuk tumbuh dan berkembang melalui upaya memfasilitasi perkembangan personal-sosial, akademik dan karir, dan langkah-langkah penegasan identitas profesi.  Langkah-langkah penegasan identitas profesi bisa berupa adanya dukungan dari pimpinan sekolah/madrasah, membebaskan dari tugas yang tidak relevan, mempertegas tanggung jawab guru BK, membangun standar supervisi.  

MAN 3 Bantul Laksanakan Gathering Bagi Guru BK MTs/SMP Se-DIY dan Sekitarnya

MAN 3 Bantul Laksanakan Gathering Bagi Guru BK MTs/SMP Se-DIY dan Sekitarnya

Guru BK sebagai pendidik, sebaiknya, memahami kompleksitas interaksi individu-lingkungan dalam konteks sosial budaya, menguasai ragam dan bentuk intervensi psikologis baik antar, intra pribadi maupun lintas budaya, menguasai strategi dan teknik asesmen yang memungkinkan dapat dipahaminya keberfungsian psikologis individu dan interaksinya dengan lingkungan. Serta memahami proses perkembangan manusia secara individual maupun sosial, memahami dan menguasai kaidah-kaidah dan praktek pendidikan.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 3 Bantul Drs. Muh. Munawar Yasin, M. SI menyampaikan kepada Guru-Guru BK, “Kegiatan bersama Guru BK MTs/SMP ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan pada guru BK, meningkatkan ukhuwah islamiyah antar lembaga pendidikan, dan juga mempromosikan MAN 3 Bantul. Terimakasih disampaikan  MAN 3 Bantul atas kerjasama yang baik selama ini”. (nrs)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 88

Bagikan