Peningkatan Kompetensi Berkelanjutan, MTsN 7 Bantul Gelar Workshop PTK


Peningkatan Kompetensi Berkelanjutan, MTsN 7 Bantul Gelar Workshop PTK
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-13 11:37:37

Bantul (MTsN 7 Bantul) – MTs Negeri 7 Bantul adakan workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Kamis, 12 November 2020. Kepala Madrasah melaporkan bahwa acara ini diikuti oleh 39 guru di lingkungan MTs Negeri 7 Bantul. Acara workshop ini bertujuan agar semua guru di MTs Negeri 7 Bantul melaksanakan PTK.

Menurut Drs. Ma'mur Amprani, M.Pd., PTK harus dikuasai semua guru dan dilaksanakan. PTK adalah salah satu penelitian untuk memperbaiki proses pembelajaran. Selain itu ia juga menjelaskan bahwa PTK juga sebagai salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan dan bisa digunakan untuk Penilaian Angka Kredit (PAK) untuk guru. Ini sebagai bonus dari kesungguhan para guru yang telah melakukan PTK. Bahkan menjadi syarat utama bagi tingkatan tertentu.

Peningkatan Kompetensi Berkelanjutan, MTsN 7 Bantul Gelar Workshop PTK

Ditambahkan oleh Ma’mur Amprani kalau setiap tahun ada beberapa guru yang mengadakan PTK tetapi persentasenya masih kecil. Akan lebih baik lagi kalau yang melaksanakan PTK adalah semua guru. 

Acara workshop ini bekerja sama dengan LPMP Yogyakarta. Pemateri mengharapkan ilmu ini tidak hanya didapat dan disimpan, tetapi langsung dilaksanakan. Laksana mengendarai sepeda motor. Jika dilaksanakan akan tumbuh rasa suka dan akhirnya akan menjadi suatu kebiasaan yang menyenangkan.

Sedangkan menurut salah satu guru, Nurul Khusna mengatakan kalau PTK adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi murid juga guru. Workshop ini menjadikannya lebih bersemangat untuk selalu melaksanakan PTK. Apalagi kegiatan ini difasilitasi madrasah dan didorong oleh Kepala Madrasah. Ditambah lagi dengan teman-teman yang antusias. Harapannya workshop ini berkelanjutan setiap tahun sehingga ilmu dan praktiknya bias bertambah setiap tahun. (rsa)

Kontributor : MTSN7BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 81

Bagikan