Gaungkan Budaya Literasi, MTsN 7 Bantul Cetak Lagi Kader-kader Literasi


Gaungkan Budaya Literasi, MTsN 7 Bantul Cetak Lagi Kader-kader Literasi
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-13 11:28:45

Bantul (MTsN 7 Bantul) -- Senin (16/11), Tim Literasi MTsN 7 Bantul menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kader Gerakan Literasi bagi siswa kelas 7 dan 8 di aula MTsN 7 Bantul. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang mendukung gerakan literasi riset yang sedang gencar digaungkan oleh MTsN 7 Bantul sebagai keunggulan madrasah. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00. 

Dalam sambutannya, kepala MTsN 7 Bantul, Drs. Ma’mur Amprani, M.Pd, menyatakan bahwa perlu adanya kemantapan hati dalam membaca dan menulis. Membaca dan menulis pun tidak hanya sekadar membaca dan menulis seperti biasa, tetapi membaca dan menulis yang memerlukan adanya identifikasi dan pendalaman dalam prosesnya.

Gaungkan Budaya Literasi, MTsN 7 Bantul Cetak Lagi Kader-kader Literasi

Sejumlah empat puluh peserta dari kelas 7 dan 8 siswa MTsN 7 Bantul mengikuti kegiatan ini. Mereka mengikuti kegiatan ini dengan antusias tinggi. Kegiatan ini dipandu oleh Ayutul Ma’rifah, salah satu ahli di bidang riset dan penelitian. Materi yang difokuskan pada pelatihan kader literasi kali ini adalah pembuatan karya tulis ilmiah. Pada sesi pertama, pemateri menyampaikan tentang teori dan keistimewaan kegiatan riset dan penyusunan karya tulis ilmiah. Hal ini sungguh menarik perhatian siswa, pasalnya siswa yang sebelumnya masih belum begitu memahami literasi riset. Kegiatan riset yang diajarkan terbagi menjadi riset sains, sosial, dan agama. 

Pada sesi kedua siswa melakukan praktik pemilihan dan penyusunan karya tulis ilmiah. Peserta kegiatan bekerja secara berkelompok. Dari empat belas kelompok yang terbentuk sebagian besar memilih karya tulis ilmiah di bidang sosial. Kegiatan selanjutnya siswa diminta untuk menentukan judul dan latar belakang pemilihan serta rumusan masalah dari penelitian yang dipilih. Kak Ayatul, panggilan akrabnya,  memberikan pemahaman lebih mendalam sembari berkeliling menemui tiap kelompok. Kegiatan ditutup pukul 12.00. Kak Ayatul memberikan kesempatan pada peserta pelatihan untuk berkonsultasi lebih lanjut di luar jam pelatihan dengan menggunakan media sosial atau whatsapp. (mrh)

Kontributor : MTSN7BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 114

Bagikan