MAN 1 Gunungkidul Laksanakan Bimtek Penyusunan Soal HOTS


MAN 1 Gunungkidul Laksanakan Bimtek Penyusunan Soal HOTS Kholis Muhajir Kepala MAN 1 Gunungkidul (kiri) dan Sugeng Wibowo Pemateri Bimtek (kanan)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-11 07:42:13

Gunungkidul (MAN 1) - MAN 1 Gunungkidul melaksanakan Bimtek penyusunan soal Higher Order Thinking Skills  (HOTS) di aula MAN 1 Gunungkidul, Rabu (10/03/2021). Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari tanggal 10 dan 16 Maret 2021. Narasumber di hari pertama yaitu Sugeng Widodo, pengawas MAN 1 Gunungkidul dan Rita Indriyana, guru yang telah mendapat bimtek penyusunan soal HOTS.

Kholis Muhajir, kepala MAN 1 Gunungkidul memberikan sambutan bahwa kegiatan ini terlaksana sebagai wujud instruksi dari kantor wilayah berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru.  Salah satu wujud peningkatan kompetensi adalah melaksanakan bimbingan teknik (Bimtek) terkait penyusunan soal HOTS. Semua madrasah juga harus melaksanakan Bimtek penyusunan soal HOTS sehingga soal-soal ujian madrasah sudah merupakan soal HOTS.

MAN 1 Gunungkidul Laksanakan Bimtek Penyusunan Soal HOTS

Narasumber pertama, Sugeng Wibowo menyampaikan bahwa soal-soal HOTS bukan merupakan soal yang sulit,  tetapi  soal yang membuat siswa tidak hafalan. Soal HOTS merupakan soal yang menuntut adanya stimulus sehingga ada aksi dan reaksi. Selain itu, ada remedial harus dilakukan untuk siswa belum tuntas, siswa yang sudah tuntas diberi pengayaan. Sedangkan narasumber kedua, Rita Indriyana menyampaikan bahwa soal HOTS bukan soal yang sulit, tetapi soal yang menuntut adanya pemikiran yang rasional. Ciri soal HOTS bersifat kontekstual, ada stimulus, dan tingkat tinggi. Untuk meningkatkan pemahaman soal HOTS, ia memberikan contoh soal-soal tersebut. (ttn/tnf)

Kontributor : MAN1GK
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 134

Bagikan