Kamad dan Waka Kurikulum MTsN 9 Bantul Berbagi Pembelajaran PjBL di Hotel Manohara


Kamad dan Waka Kurikulum MTsN 9 Bantul Berbagi Pembelajaran PjBL  di Hotel Manohara
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-10 13:49:36

Bantul (MTsN 9 Bantul) – Peningkatan kompetensi diri menjadi suatu keniscayaan bagi guru saat ini. Era pandemi yang menggunakan pembelajaran daring menuntut guru mampu memberikan pembelajaran efektif dan tepat sasaran.

Salah satu model pembelajaran yang diterapkan di MTsN 9 Bantul adalah Project Based Learning (PjBL). “Kami menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk mengefektifkan pembelajaran di masa pandemi ini,” ungkap Kepala Madrasah Nur Hasanah Rahmawati.

Praktik baik pembelajaran ini disampaikan Kepala Madrasah saat mengikuti kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru di Hotel Manohara pada Senin (22/02/2021) sampai Rabu (23/02/2021).

MTsN 9 Bantul menerapkan PjBL untuk semua mata pelajaran. “Diawali dari penentuan Kompetensi Dasar (KD) tiap mata pelajaran oleh guru masing-masing. KD yang diambil adalah KD yang setema,” tutur Waka Kurikulum Noor Shofiyati.

PjBL ini sangat cocok diterapkan di masa pandemi Covid-19 karena tergolong ”ramah”. Siswa tidak harus selalu melihat handphone tetapi dapat diselingi dengan mengerjakan proyek.

Pembelajaran di rumah akan terasa membosankan jika guru tidak menggunakan variasi metode dan media. “PjBL yang telah diterapkan di MTsN 9 Bantul telah menginspirasi sekolah di luar daerah untuk melakukannnya juga, bahkan berhasil meraih juara,” pungkas Nur Hasanah Rahmawati. (nsh)

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 131

Bagikan