Ribuan Pelajar Kecamatan Godean Mengikuti Manasik Haji


Ribuan Pelajar Kecamatan Godean Mengikuti Manasik Haji
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-08-24 20:14:34

Sleman (MAN 1 Sleman) - Ribuan pelajar kecamatan Godean mengikuti manasik haji di lapangan Sidokarto Godean Sleman, Sabtu (24/8). Peserta manasik berasal dari berbagai sekolah mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA yang berada di wilayah kecamatan Godean.

Dalam simulasi ini peserta mempraktikkan semua rangkaian ibadah haji mulai dari mengucapkan niat dan menggunakan pakaian ihram, melakukan wukuf arafah, lempar jumrah, tawaf ifadah (mengitari kakbah sebanyak tujuh kali), dan sai (berjalan kaki dari shofa ke marwah) dengan berbagai properti yang telah disediakan panitia.

Ribuan Pelajar Kecamatan Godean Mengikuti Manasik Haji

Muh Wiyono, S.Ag., Kepala KUA kecamatan Godean, sekaligus sebagai ketua panitia menjelaskan bahwa hari ini telah melaksanakan praktik simulasi manasik haji diikuti oleh pelajar SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA se-kecamatan Godean tercatat sejumlah 1439 siswa. "Kami berharap kegiatan ini bisa diselenggarakan setiap tahun sehingga anak didik bisa memahami proses praktik dan simulasi  ibadih haji. Selain itu diharapkan anak-anak punya cita cita untuk melaksanakan ibadah haji," ungkap Wiyono penuh harap.

Mukijo Budiarto, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Pendidikan Kecamatan Godean yang hadir dalam acara tersebut, mengatakan, “Kami berterima kasih kepada Kemenag telah menyelenggarakan simulasi manasik haji ini. Hal ini sebagai upaya pendidikan yang berkarakter dan mewujudkan pendidikan berkualitas yang kita suguhkan kepada masyarakat.”

Budiarto juga merasa terkesan dengan simulasi ini sehingga anak anak kami tahu betul tata cara melaksanakan ibadah haji yang selama ini hanya diperoleh di sekolah. "Semoga anak - anak bisa menuanaikan ibadah haji pada saatnya nanti. Harapan saya kegiatan ini dapat diadakan setiap tahun karena ini pendidikan untuk membentuk karakter anak, sehingga menjadi anak anak yag Islami," tambahnya.

Ditanya tentang simulasi ini, Rifki Sofiana, salah satu peserta dari MAN 1 Sleman mengatakan bahwa ini acara yang sangat bagus. "Saya baru pertama kali mengikuti manasik ini, sehingga saya memperoleh pemahaman secara langsung melakanakan ibadah haji, semoga suatu saat saya bisa melaksanakan ibadah haji yang sebenarnya di tanah suci,” jelasnya.

Simulasi manasik haji dipandu oleh ustadz Baharudin, S.Ag. dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 11.00 WIB dihadir  oleh  seluruh jajaran muspika kecamatan godean, lurah dan kadus Sidokarto. (smn/tnf)

Kontributor : MAN1SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 251

Bagikan