Haflah Khotmil Quran PP Darul Quran Wal Irsyad: 4 Hal dalam Mempelajari Al Quran


Haflah Khotmil Quran PP Darul Quran Wal Irsyad: 4 Hal dalam Mempelajari Al Quran
Kategori : KABUPATEN/KOTA
Tanggal : 2019-08-24 18:09:30

Gunungkidul (Kankemenag) – Jika ingin dapat membaca Al Quran dengan baik dan benar, memperoleh pahala dan mendapatkan syafaat dari Al Quran, ada empat hal yang perlu diperhatikan. Pertama, dibutuhkan guru yang ahli Al Quran dan mampu mengajarkannya. “Dahulu Nabi Muhammad mempelajari Al Quran dengan bimbingan malaikat Jibril. Rasul adalah makhluk Allah yang paripurna, baik secara fisik maupun akhlaknya, tapi terkait Al Quran, beliau dituntun oleh malaikat Jibril,” papar KH. R. Abdul Hamid Abdul Qodir dari Kediri saat memberikan mauidhoh hasanah pada Haflah Khotmil Quran VII dan Harlah XX Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad di komplek pondok tersebut, Sabtu (24/8).

Dikatakan, meski sudah dewasa, tidak perlu malu untuk mempelajari Al Quran. "Misal, sudah S1 tapi belum pernah mengaji dan yang mengajarkannya ternyata masih aliyah, tidak apa, tidak perlu malu. Ambillah ilmu kebijaksanaan darimana pun asalnya," ujarnya.

Haflah Khotmil Quran PP Darul Quran Wal Irsyad: 4 Hal dalam Mempelajari Al Quran

Kedua, membutuhkan waktu yang lama. “Menghafal Al Quran membutuhkan waktu yang lama, jangan terburu-buru,” pesannya.

Ketiga, jika sudah khatam, sering mudarosah atau murojaah. “Nabi di murojaah malaikat Jibril tiap bulan Ramadan. Jadi, jangan terburu-buru puas bila sudah khatam. Hafalan itu lebih gampang lepasnya daripada unta yang diikat,” katanya.

Keempat, idealnya kalau bisa, mempelajari Al Quran sejak kecil supaya lisannya fasih dan masih dapat diperbaiki dalam melafalkan bacaan Al Quran. “Syafaat Al Quran tidak main-main karena dapat menghalangi supaya orang tidak dimasukkan ke neraka,” terangnya. (and)

Kontributor : KEMENAGGK
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 2031

Bagikan