Kemenag Sleman Gelar Pengimbasan Penyusunan Soal HOTS di MTsN 1 Sleman


Kemenag  Sleman Gelar Pengimbasan Penyusunan Soal HOTS di MTsN 1 Sleman Kepala MTsN 1 Sleman menyampaikan sambutan dihadapan peserta workshop
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-07 05:44:26

Sleman (MTsN 1 Sleman) – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sleman melakukan workshop pengimbasan penyusunan soal HOTS kepada 20 orang guru kelas IX MTsN 1 Sleman dan perwakilan guru MTs Darussholihin, Sabtu (6/3/2021) di ruang kelas VII F. Narasumber kegiatan adalah pengawas madrasah Kemenag Kabupaten Sleman, Charisatuniswah.

Kepala MTsN 1 Sleman, Imam Syamroni mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada narasumber yang sudah membersamai dalam rangka pengimbasan penyusunan soal HOTS. Menurut kepala madrasah, kegiatan penyusunan soal HOTS akan berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Senin (6 dan 8/3/2021). Imam berharap, peserta dapat mengikuti kegiatan sampai akhir dan dapat menyusunan soal HOTS untuk persiapan ujian madrasah.

Kemenag  Sleman Gelar Pengimbasan Penyusunan Soal HOTS di MTsN 1 Sleman

Kemenag  Sleman Gelar Pengimbasan Penyusunan Soal HOTS di MTsN 1 Sleman

Charisatuniswah mengucapkan syukur pengimbasan penyusunan soal HOTS dapat terlaksana di hari pertama, meskipun kegiatannya dilaksanakan secara mendadak.. Menurut Charisatuniswah dalam menyusun soal boleh bekerja sama dengan guru sesama mata pelajaran. Penyusunan soal diawali dari RPP – Proses – Penilaian, ketiganya harus HOTS, ranah kognitif  (C1 mengingat, C2 memahami, C3 menerapkan/mengaplikasi, C4 menganalisis, C5 mengevaluasi, dan C6 mencipta).

“Langkah menyusun soal HOTS yaitu analisis KD, menyusun kisi-kisi, dan menyusun soal. Dalam  pembuatan soal boleh 25 pilihan ganda dan 5 soal esay. Diantara pilihan ganda bisa dengan soal menjodohkan. Untuk jumlah soal 30 scornya bisa berbeda yang penting nilai akhir 100,” tambah Charisatuniswah.

Diakhir kegiatan, peserta diberi kesempatan untuk membuat soal HOTS secara mandiri dengan didampingi oleh narasumber. Nampak peserta begitu antusias mengerjakan tugas dari narasumber. (rmi)

 

Kontributor : MTSN1SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 122

Bagikan