MIN 3 Kulon Progo Selenggarakan Pelatihan PTK


MIN 3 Kulon Progo Selenggarakan Pelatihan  PTK
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-06 22:06:02

Kulon Progo (Humas Kemenag DIY) – Untuk melatih guru terbiasa menulis, MIN 3 Kulon Progo menyelenggarakan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelatihan tersebut diikuti oleh seluruh guru MIN 3 Kulon Progo dan beberapa Kepala Madrasah Ibtidaiyah di wilayah Samigaluh. Kegiatan berlangsung di madrasah setempat, Sabtu (6/3/2021). Pelatihan ini merupakan program kelanjutan dari Inspiring Library Dompet Dhuafa.

Narasumber dalam pelatihan PTK, Ayu Sukmawati mengawali dengan pre-test tentang  definisi PTK, membuat contoh permasalahan yang dihadapi di dalam kelas, kemudian membuat judul PTK, dan memresentasikan hasil permasalah tersebut.

“PTK itu penting, karena melatih berpikir analisis ilmiah, mengembangkan keterampilan pembelajaran, perbaikan hasil dan proses pembelajaran, terbiasa menulis, serta pengembangan mutu sekolah,” tuturnya.

“Dalam melaksanakan proses pembelajaran guru  harus memiliki strategi jitu dalam menyajikan materi pelajaran yang akan mendorong peserta didik mudah dan cepat menyerap materi pelajaran yang disajikan.  Oleh karenanya guru harus merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dari akarnya, sesuai dengan kondisi lingkungan, kebutuhan, dan perkembangan jaman, sehingga pembelajaran yang dilakukan akan menjadi pembelajaran yang menyenangkan, efektif dan bermakna,” imbuhnya.

Sementara itu menurut Jumardi  bahwa secara praktiknya banyak ditemui guru yang ternyata kurang pas dalam menerapkan pola pembelajaran.  Indikatornya  adalah tidak maksimalnya hasil proses pembelajaran yang dilakukan. “Hal ini membutuhkan solusi yang tepat untuk perbaikan proses pembelajaran tersebut, dan solusi yang dapat dilakukan guru untuk memperbaiki sekaligus mengembangkan pola pembelajaran yang dilakukan adalah dengan melakukan riset atau penelitian. Penelitian yang cocok dilakukan oleh guru untuk perbaikan dan pengembangan proses pembelajaran adalah penelitian tindakan kelas,” paparnya.

Memperhatikan kondisi tersebut diatas, maka menjadi  sangat penting bagi seorang  guru untuk memiliki kesadaran untuk mau dan mampu melakukan riset yang dalam hal ini adalan penelitian tindakan kelas. Melalui Penelitian Tindakan Kelas, guru mencari akar permasalahanya, sehingga dapat menemukan solusi dari permasalahan proses pembelajaran yang ditemuinya.

Sedangkan Kepala Madrasah, RM. Agus Marchaban mengaku bahwa pelatihan ini sangat baik, bisa memotivasi semua guru untuk belajar menulis. “Saya mengharapkan melalui latihan Penelitian Tindakan Kelas, guru secara kolaboratif dapat menemukan solusi dari permasalahan proses pembelajaran yang ditemui dan sekaligus akan mampu mengembangkan proses pembelajaran menjadi lebih berkualitas,” ucapnya.

“Guru adalah ujung tombak pelaksanaan pendidikan . Di tangannya akan terbentuk karakter generasi muda bangsa, karena guru adalah pelaksana proses pembelajaran di dalam kelas. Dalam proses tersebut guru menransfer ilmu pengetahuan, membentuk keterampilan dan sikap peserta didik menjadi individu yang berakhlak religius, mulia, cerdas dan terampil, kreatif dan inovatif,” lanjutnya. (myt/tnf).

MIN 3 Kulon Progo Teladan dalam iman unggul dalam prestasi yes…Madrasah Hebat Bermartabat.

Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 155

Bagikan