Cara Asyik Belajar IPA: Siswa MTsN 4 Bantul Belajar Bioteknologi Lewat Tape


Cara Asyik Belajar IPA: Siswa MTsN 4 Bantul Belajar Bioteknologi Lewat Tape
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-06 08:16:52

Bantul (MTsN 4 Bantul) – Sahabat Matsaba, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) adalah mata pelajaran yang penting namun juga sedikit sulit untuk beberapa siswa, betul tidak? Semakin naik jenjang kelas, wah, semakin rumit juga kompetensi pembelajarannya. Makanya, para guru IPA wajib selalu kreatif dalam membuat media pembelajaran agar siswa menjadi paham betul apa yang disampaikan dalam mata pelajaran.

Tak habis akal, lagi-lagi. MTsN 4 Bantul setelah asyik sekali memasak bento cantik untuk tugas Prakarya, kini siswa MTsN 4 Bantul kembali menjadi chef  dalam belajar IPA. Yups, bikin Tape! Pilihannya ada 2 nih, boleh memakai tape ketan ataupun tape singkong. Keduanya bertujuan untuk menyampaikan pengetahuan kepada siswa dengan pendekatan praktikal tentang materi bioteknologi. Mari kita simak ulasan yang disampaikan guru pendamping IPA di MTsN 4 Bantul yakni Ari Andaryati.

“Anak biasanya suka yang praktik. Yang praktik biasanya jauh lebih bisa dipahami. Maka dengan tujuan siswa dapat memahami materi bioteknologi konvensional, anak-anak saya tugaskan membuat tape,” ujarnya pada Jumat (5/3/2021).

Ditambah lagi dengan pendapat bu Ani yang menjadi guru pendamping IPA juga,

“Ya, dari praktik pembuatan tape, si anak akan dapat memahami banyak hal dalam mikrobioteknologi seperti klasifikasi makhluk hidup atau mikroorganisme, dan perubahahan fisika dan kimia. Beda dengan teknik pidato, teknik praktik dapat lebih diingat siswa,” imbuhnya pada Jumat (5/3/2021).

Nah, Sahabat Matsaba, belajar itu seru jika sudah menemukan metode pembelajaran yang menyenangkan. Jadi teruslah kreatif membuat suasana kelas yang aktif dan menyenangkan. (la)

 

 

Kontributor : MTSN 4 BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 145

Bagikan