Revitalisasi Layanan KUA, Adib Mahrus: Kemenag Tunjuk KUA Sewon Jadi Role Model


Revitalisasi Layanan KUA, Adib Mahrus: Kemenag Tunjuk KUA Sewon Jadi Role Model
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2021-03-05 20:29:58

Bantul (Humas Kemenag DIY)—Sebagai bentuk perhatian Menteri Agama terhadap layanan KUA telah dibentuk tim revitalisasi Layanan KUA yang diketuai Adib Mahrus dan wakil Ketua Hasanuddin Ali, bertindak sebagai Pengarah Alissa Wahid bersama Nuruz Zaman (Staf Khusus Menteri Agama). Demikian disampaikan Adib Mahrus pada monitoring dan Pembinaan di KUA Sewon yang diikuti seluruh  Kepala KUA se- Bantul secara luring dan seluruh Kasi Bimas Islam dan Kepala KUA se-DIY secara daring, Jumat (5/3/2021). KUA Sewon ditunjuk sebagai role model untuk revitalisasi KUA se-Indonesia bersama lima KUA.

Selanjutnya menurut Alissa Wahid, KUA merupakan institusi terdepan yang harus mengetahui gerak keagamaan di masyarakat sehingga tidak hanya layanan nikah rujuk saja. Menurut Hasanuddin Ali Tenaga Ahli Menteri bidang layanan publik bahwa ada 4 aspek untuk revitalisasi, pertama sarana dan prasarana; kedua, SDM KUA; ketiga, mutu dan standar pelayanan, SOP; dan keempat digitalisasi di KUA.

Revitalisasi Layanan KUA, Adib Mahrus: Kemenag Tunjuk KUA Sewon Jadi Role Model

Sementara menurut Nuruz Zaman, Staf Khusus Menteri Agama bahwa KUA merupakan garda terdepan Kementerian Agama sehingga apa yang menjadi langkah Menteri harus diikuti KUA. “Seperti gerak langkah kaki jika Menteri mengambil langkah ke kanan maka KUA harus mengikuti langkah ke kanan,” ungkapnya. “Harus ada effort ataubupaya maksimal KUA untuk menjadikan layanan KUA didambakan masyarakat,” imbuhnya.

Menurut Kabid Urais Nadhif MSi ditunjuknya KUA Sewon sebagai role model, sangat diapresiasi dan pihaknya siap mengawal. “KUA di DIY sudah lama menjadi terdepan yang terbiasa meraih keunggulan dalam event nasional seperti lomba KUA Teladan,” tuturnya.

Acara dipandu oleh Dr. H. Nur Ahmad Ghojali yang mengharapkan KUA sebagai trendsetter (berada di depan) layanan kepada masyarakat. (gho/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 470

Bagikan