Pembukaan Milad ke-71 MAN 1 Yogyakarta: Songsong Generasi Futuristik 5.0


Pembukaan Milad ke-71 MAN 1 Yogyakarta: Songsong Generasi Futuristik 5.0
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-03-05 14:51:13

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta akan menggelar banyak acara dan kegiatan, dalam rangka memperingati Milad ke-71. Seperti yang disampaikan dalam Pembukaan Milad ke-71 MAN 1 Yogyakarta, yang dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs.H.Nur Abadi, M.A., Jumat (05/03/2021) pagi, di Aula lantai 2.

Mengikuti protokol kesehatan pencegahan virus corona, acara digelar secara luring dengan peserta terbatas, dan daring yang dapat disaksikan melalui chanel youtube resmi madrasah https://youtu.be/QpM5vmazHWs. Acara pembukaan ini juga dimeriahkan oleh penampilan Grup Mansakustik membawakan tiga buah judul lagu yaitu ‘Seribu Tahun lamanya’, ‘Lilin-lilin Kecil’ dan ‘Anggrek Bulan’, dan Grup Tari Saman secara virtual.

Pembukaan Milad ke-71 MAN 1 Yogyakarta: Songsong Generasi Futuristik 5.0

Pembukaan Milad ke-71 MAN 1 Yogyakarta: Songsong Generasi Futuristik 5.0

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang digelar sekali dalam setahun. “Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua panitia dan anak-anakku yang telah menggelar kegiatan milad ini, walaupun masa pademi covid-19, kalian tetap semangat,”ujarnya mengawali sambutannya.

Ungkapnya, MAN 1 Yogyakarta yang memasuki usia ke-71 tahun ini, harus disyukuri, dan dievaluasi, atas banyaknya capaian-capaian madrasah, serta prestasi yang telah diukir oleh madrasah ini. Tentu di balik itu semua, adanya pengorbanan para pendahulu, perjuangan dan kesungguhan tiap generasi.

Untuk itu, ia mengajak keluarga besar MAN 1 Yogyakarta, siswa, alumni, orang tua wali dan semua pihak untuk bersama-sama memajukan madrasah dalam menyiapkan generasi penerus bangsa yang berakhlak mulai, ditengah-tengah pesatnya perkembangan teknologi.

 “Kemajuan tekonologi sebagai ciri generasi futuristic 5.0 mewujudkan generasi muda yang tangguh berkelas dunia. MAN 1 Yogyakarta, Prestasi Tiada Henti Cerdas dan Islami, Menuju Kelas Dunia,”pekiknya, diikuti dan disambut tepuk tangan yang sangat meriah.  

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs.H.Nur Abadi, M.A. dalam membuka acara  juga menyampaikan apresiasi kepada MAN 1 Yogyakarta. Tuturnya, kita sedang menghadapi generasi  Alpha yaitu generasi yang lahir di dunia digital, generasi yang sudah sangat akrab dengan teknologi digital.

Untuk itu, ia mengajak keluarga Besar MAN 1 Yogyakarta untuk tidak pernah puas terhadap prestasi yang telah diraih. “Kalau sudah puas terhadap prestasi yang dicapai biasanya akan berhenti. Saya yakin setiap anak yang masuk di MAN 1 Yogyakarta adalah anak yang ingin berprestasi,”ujarnya.  “Sesuatu yang baik kalau dikelola dengan baik, maka akan menghasilkan yang baik,”pungkasnya.

Sejumlah acara agar digelar mengisi peringatan milad ke-71 MAN 1 Yogyakarta ini, yaitu Miga ansa get Olympic (Mango#6) olimpiade tingkat nasional matematika, IPA dan IPS untuk pelajar jejang MTs/SMP, pada Sabtu-Ahad, (6-7 Maret 2021), Mansa youth sport and art-Islamic Competition (Mosaic#6) terdiri 11 cabang perlombaan bidang bahasa, agama dan seni Tingkat Nasional, Khatmil Quran dan Tabligh Akbar bersama Habib Musthafa Sayyidi Baraqbah, Sabtu(20 Maret 2021).

Kemudian puncak acara akan dimeriahkan dengan Sarasehan dan virtual fest dengan tema “Mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat Menuju Kelas Dunia”, Sabtu(27 Maret 2021), dengan menghadirkan sejumlah narasumber; pejabat, dan tokoh tingkat nasional yaitu Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof.Dr.H.Nizar, M.Ag, Kepala Kanwil Kemenag DIY Drs.H.Edhi Gunawan, M.Pd.I., dan Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia yang juga orang tua siswa MAN 1 Yogyakarta Dr.Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, M.A.

Selain kegiatan tersebut, MAN 1 Yogyakarta akan me-launching Sistem Informasi Digital Madrasah(SIDM).  Sistem ini untuk meningkatkan pelayanan prima madrasah. Sistem dan aplikasi dapat diakses melalui telepon seluler berbasis Android atau laptop. Secara garis besar meliputi layanan pengelolaan akademik, website madrasah, layanan surat menyurat, hubungan masyarakat, kesiswaan, tagihan dan pembayaran. (dzl)

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 418

Bagikan