Kemenag DIY Gelar Asesmen Calon KTU Madrasah


Kemenag DIY Gelar Asesmen Calon KTU Madrasah
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2021-02-25 12:25:23

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY melalui Subbag Kepegawaian dan Hukum menggelar Asesmen Ujian Kompetensi pengisian jabatan kepala tata usaha (KTU) madrasah, Kamis (25/02/2021). Kegiatan ini dihelat di Ruang Human Resources Development (HRD) Center Kemenag DIY.

“Beberapa ketentuan dalam ujian kompetensi yang harus kami laksanakan adalah penentuan standar kompetensi jabatan, penyiapan metode dan instrumen asesmen kompetensi,” tandas Analis Kepegawaian H. Fahrudin, MA saat membuka asesmen. “Dari 12 peserta yang diundang, ada 1 yang tidak hadir,” ungkapnya.

Kemenag DIY Gelar Asesmen Calon KTU Madrasah

“Melalui ujian kompetensi ini diharapkan kita mendapatkan KTU yang memenuhi kualifikiasi standar jabatan kepala tata usaha,” tambah Fahrudin.

Ditambahkan analis kepegaawaian, Husni Tamrin, SE, bahwa teknis pelaksanaan asesmen meliputi kemampuan manajerial, sosio kultural, dan teknis. “Standar ini sudah mengacu kepada Permenpan Nomor 38 Tahun 2017,” terangnya.

Acara yang berlangsung sampai dengan sore ini, diawali dengan ujian berbasis komputer kemudian dilanjutkan ujian wawancara. Diantara ujian teknis yang dilakukan ada ujian BTQ (baca tulis alquran), pemahaman aplikasi komputer, produk hukum dan tupoksi kepala tata usaha, serta presentasi.

Para peserta diberikan ujian berupa studi kasus sebagai alat ukur untuk menilai kompetensi teknis pengetahuan peraturan perundangan calon KTU, sedangkan wawancara berbasis kompetensi untuk mengukur kompetensi dan juga BTQ. Adapun presentasi sebagai alat ukur kompetensi teknis kemampuan penyelesaian ide dan pemaparan gagasan/ide untuk pengembangan madrasah (inovasi).

Metode yang digunakan dalam asesmen ini merupakan multi metode, dengan memadukan penilaian dari berbagai kompetensi, agar nantinya didapat gambaran terbaik dari penilaian yang ada. (lut/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 281

Bagikan