Tingkatkan Mutu Madrasah, MTsN 4 Bantul Gelar Workshop Penyusunan EDM-eRKAM


Tingkatkan Mutu Madrasah, MTsN 4 Bantul Gelar Workshop Penyusunan EDM-eRKAM
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-24 10:26:41

Bantul (MTsN 4 Bantul) - Sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan dalam rangka untuk memenuhi delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Guna meningkatkan system pengelolaan madrasah dan peningkatan mutu madrasah, MTsN 4 Bantul gelar workshop penyusunan EDM -eRKAM, Rabu (24/2/2021).

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Melalui EDM,  madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan  yang ada di madrasah dapat diidentifikasi. Hasil EDM akan  digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM).

Tingkatkan Mutu Madrasah, MTsN 4 Bantul Gelar Workshop Penyusunan EDM-eRKAM

Tingkatkan Mutu Madrasah, MTsN 4 Bantul Gelar Workshop Penyusunan EDM-eRKAM

Untuk mengoptimalkan pelaksanaan dan pemanfaatan EDM ini diperlukan kebersamaan dan kemauan kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, komite madrasah, siswa dan orang tua siswa untuk bersedia membuka diri atas kekurangan yang masih ada di madrasah. Semangat kebersamaan seluruh warga sekolah untuk mau mengeevaluasi diri demi kemajuan bersama adalah kunci dari manfaat EDM ini.

Dalam rangka mewujudkan pemenuhan standar penyelenggaraan Pendidikan dan pemenuhan mutu Pendidikan, maka MTsN 4 Bantul berupaya memperbaiki system penyelenggaraan Pendidikan madrasah dengan menerapkan EDM dan eRKAM yang tepat sesuai peraturan yang ditetapkan. Untuk itu penyusunan EDM dan eRKAM sudah menjadi keharusan agar kualitas Pendidikan dapat tercapai.

Workshop dihadiri oleh 24 orang yang meliputi Kepala madrasah, KTU, waka madrasah ,perwakilan guru dan pegawai, perwakilan komite ,dan perwakilan OSIS. Workshop disampaikan oleh narasumber Evi Efrisanti,M.Pd dari Tim Inti Fasilitator e-EDM dan eRKAM madrasah kabupaten Bantul.

Dalam workshop disampaikan,”EDM,RKAM harus disusun dengan melibatkan steakholder madrasah dan disosialisasikan segenap warga madrasah agar arah dan capaian penyelenggaraan madrasah dimengerti segenap warga madrasah,”ungkap Evi.

Sementara Kepala Madrasah, Siti Solichah,S.Pd dalam sambutannya menyampaikan,”Marilah kita hari ini belajar dan menerapkan EDM -eRKAM yang benar dari narasumber, kita samakan persepsi agar penyelenggaraan madrasah sesuai standar Nasional Pendidikan,”ujarnya.

Workshop yang berlangsung selama 4 jam tersebut berjalan lancar dan MTsN 4 Bantul akan menerapkan kebijakan ini sebagai bekal dalam memperbaiki penyelenggaraan Pendidikan madrasah ke depan. (khj)

Kontributor : MTSN 4 BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 130

Bagikan