Bekali CPNS Kemenag Bantul Gelar Workshop Orientasi Guru


Bekali CPNS Kemenag Bantul Gelar Workshop Orientasi Guru
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-23 12:05:42

Bantul (Kankemenag) – Guna memberikan bekal tentang pengelolaan  berbagai kegiatan pendidikan juga memberikan bekal menuju guru professional, Senin (22/2) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul menyelenggarakan Workshop pembekalan dan orientasi guru CPNS Program Induksi Guru Pemula Madrasah (PIGPM) berlangsung di aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kabupaten Bantul.

Mewakili panitia penyelenggara Heni Prilantari, M.Pd melaporkan workshop dilaksanakan selama 4 hari diikuti sejumlah 28 peserta, dengan materi meliputi; pembelajaran di masa pandemi, system penilaian pembelajaran, supervisi pembelajaran, pendidikan karakter, penelitian tindakan kelas (PTK), analisisi kopentensi guru, PKG dan PKB bagi guru, kebijakan dikmad, kebijakan kepegawaian, serta moderasi beragama, yang akan disampaikan oleh para pengawas selaku narasumber.

Kepala Kantor Kemenag Bantul dalam sambutannya yang disampaikan Kasub. Bagian TU H. Basori Alwi, S.Ag,. MA mengemukanan PIGPM merupakan implementasi dari Permendiknas  Nomor 27 Tahun 2010, bahwa seorang guru diawal pelaksanaan tugasnya sebagai CPNS harus mendapatkan pembekalan tentang kompetensi yang harus dimiliki. Mengajar tidak sekedar seni tapi juga ilmu, maka dalam kompetensi mengajar harus ada paedagogik mengetahui siswa bagaimana menerima pelajaran dan bagaimana guru menyampaikan pesan. “Sebagai guru pemula harus bisa beradaptasi dengan budaya kerja sekolah, untuk itu perlu pahami regulasi, pahami situasi lingkungan, berikan aksi dan lakukan inovasi, insya Allah dapat mencapai hasil yang maksimal”, terang Basori Alwi. (jojo)

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 11

Bagikan