Siswa Kelas IX Uji Coba Simulasi ASPD


Siswa Kelas IX Uji Coba Simulasi ASPD Jadwal Simulasi ASPD Kelas IX MTsN 1 Yogyakarta
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-20 21:24:26

Yogyakarta (MTsN1 Yogyakarta) - Semangat  selalu untuk siswa kelas  IX  Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Yogyakarta yang pada hari  Jumat, 19 Februari  2021  mengikuti simulasi berskala besar uji coba Asesmen Standarisasi Penilaian Daerah (ASPD) yang diselenggarakan Dinas  Pendidikan  Kota Yogyakarta secara online. Simulasi  yang berhasil diikuti 210 siswa  berlangsung dari pukul 08.00 s.d. 10.00. Dalam uji coba ini disajikan dua mata pelajaran, yaitu matematika dan Bahasa Indonesia dengan bobot soal 20 butir per mata pelajaran.

Segala sesuatu untuk meraih kelancaran dan harapan senantiasa dilakukan agar tujuan sesuai harapan. Adapun tujuan diadakannya uji coba berskala besar agar siswa  mengetahui alur dan cara menjawab soal Tes Pendalaman Materi ASPD, untuk mengetahui kemampuan perangkat dan jaringan siswa dalam akses dan menjawab soal. Selain itu, agar operator mengetahui alur dan cara penanganan TPM ASPD.

Kesungguhan  siswa ini sebagai awal penjajakan materi uji ASPD  yang nantinya akan disusul dengan uji materi selanjutnya di tingkat kota maupun provinsi. Walaupun baru uji coba, siswa kelas IX merasa sudah tertantang untuk mengetahui  mata uji simulasi ini. Keempat mata pelajaran tersebut bukanlah bahan baru bagi siswa pada umumnya, khususnya siswa MTsN 1 Yogyakarta yang setiap hari Senin s.d. Kamis sudah memersiapkan diri  mengikuti jam tambahan pembelajaran secara online dari madrasah untuk persiapan ASPD  maupun ujian madrasah di waktu yang akan datang.

Kepala Madrasah Muhammad Iriyadi mengatakan bahwa dengan mengikuti simulasi ASPD ini para siswa akan lebih awal dan cepat dalam memahami dan mengenal apa dan bagaimana ASPD karena istilah asesmen sebagai  pengganti nama ujian baru saja di-publish dan dikenalkan pada sekolah atau madrasah. Beliau juga berharap bahwa nantinya saat pelaksanaan asesmen utama, anak sudah terbiasa dalam melaksanakannya sehingga hasil yang diperoleh para siswa bisa maksimal , dan semoga hasil prestasi siswa madrasah tidak kalah dengan siswa di sekolah.  (tpm)

#lawancovid-19     #terapkangeraksosial5M      #tetapproduktif

Kontributor : MTSN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 1656

Bagikan