Pengawas Madrasah TIndak Lanjuti EDM MTsN 4 KP


Pengawas Madrasah TIndak Lanjuti EDM MTsN 4 KP Pengawas Madrasah, Barokatus Sholikah,S.Ag. M.Si. memberikan pembinaan kepada pengelola madrasah, Selasa (16/2/2021)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-18 09:20:23

Kulon Progo (MTsN4KP) – Tindak lanjuti hasil PKKM tahunan beberapa waktu lalu, pengawas madrasah Barokatus Sholikah, S.Ag. M.Si. adakan pembinaan pengelola madrasah—terdiri dari kepala madrasah dan beberapa wakil kepala (waka). Bertempat di ruang pertemuan Unit II pada Senin pagi (16/2/2021), acara pembinaan berlangsung interaktif.

Dalam kesempatan tersebut, Ika—panggilan akrab dari pengawas yang juga merupakan guru teladan nasional tersebut membuka dengan informasi seputar kampanye 5M yang tengah digencarkan Kementerian Agama sikapi pandemi yang tidak kunjung berakhir. “Penerapan gerakan 5 M sesuai instruksi Menteri Agama nomor satu tahun 2021 maka warga madrasah harus menjadi pelopor pelaksana dalam kegiatan sehari hari,” ujarnya.

Pengawas Madrasah TIndak Lanjuti EDM MTsN 4 KP

Pengawas Madrasah TIndak Lanjuti EDM MTsN 4 KP

Apalagi kini Kementerian Agama Kulon Progo juga mulai mengampanyekan kesiapan untuk menerima vaksin sinovac , sebagai harapan agar para abdi negara semakin aman dalam melayani masyarakat. Ia mengakui bahwa semua itu membutuhkan adapatasi. “Menghadapi budaya baru yang kita rasakan di semua lini maka saya mengajak untuk menghadapi dengan sabar, berusaha menyesuaikan Kunci menghadapinya  dengan 5B yaitu Bisa dipelajari, bisa dipahami bisa direncanakan bisa dilaksanakan dan bisa dievaluasi,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ika juga memberikan banyak catatan mengenai Evaluasi Diri Madrasah (EDM). “Apresiasi yang tinggi kepada MTsN 4 KP saat jni siap berbagi tentang evaluasi diri madrasah ( EDM) dan E_RKAM,” tandasnya. Ia benar-benar mengapresiasi sikap yang diambil MTsN dengan merespon apa yang telah disarankan pengawas ketika usai jalani PKKM tahunan.

Hal tersebut diakui oleh Waka Kurikulum, Ambar Suryaningsih. Menurutnya, EDM tersebut sangat membantu dalam mengevaluasi perjalanan selama ini. Hal itu merupakan tujuan EDM agar madrasah mampu mengetahui tantangan yang dihadapi dan mendiagnosis jenis kebutuhan yang diperlukan untuk perbaikan. Madrasah dapat menyediakan laporan resmi kepada para pemangku kepentingan tentang kemajuan dan hasil yang dicapai.

Tak hanya itu, dalam perkembangannya diskusi pun melebar pada berbagai permasalahan, rencana, dan harapan di waktu selanjutnya. Optimisme bersama untuk terus memajukan madrasah ditunjukkan dengan komitmen para pelaksana program di MTsN 4 KP juga mengadakan EDM. (siw)

Kontributor : MTSN4KP
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 109

Bagikan