LKS Offline, Solusi Belajar Masa Pandemi MAN 2 Bantul


LKS Offline, Solusi Belajar Masa Pandemi MAN 2 Bantul Siswa mengumpulkan tugas secara bergantian
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-17 12:12:17

Bantul (MAN 2 Bantul)- Masa pandemi memang membatasi siswa dalam belajar tatap muka, namun tidak menyurutkan semangat belajar siswa, selama tersedia kuota, hp dan signal yang mendukung maka tugas bisa terselesaikan dengan maksimal baik untuk sekedar informasi atau sebagai fasilitas utama pembelajaran. Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan lembar kerja yang memuat tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. LKS disesuaikan dengan kompetensi dasar yang terdapat dalam silabus atau rencana pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran tertentu. Adanya LKS Offline di masa pandemi memudahkan pelaksanaan pembelajaran, selain itu keuntungan lainnya ialah menstimulus siswa agar memaksimalkan potensinya melalui tugas yang telah diberikan.

Kreatif dan inovatif merupakan bumbu wajib agar menciptakan proses pembelajaran yang lebih menyenangkan. Bagi seorang guru, LKS offline merupakan sebuah tantangan bagaimana memberikan inovasi agar anak didik tetap semangat dengan tugas yang diberikan. Guru MAN 2 Bantul berinisiatif dengan membuat LKS sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Wali kelas akan menggandakan LKS sejumlah siswa di kelas tersebut dan membagikannya. Setelah siswa mengerjakan, mereka kembali mengumpulkan ke madrasah sembari mengambil LKS untuk minggu berikutnya sesuai dengan sesuai jadwal yang telah ditentukan dengan tetap mengacu pada anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan. Adapun peraturan tambahan ialah siswa mengumpulkan tugas secara bergantian, tidak boleh berkerumun, hanya datang seminggu sekali dan setelah selesai langsung kembali ke rumah.

LKS Offline, Solusi Belajar Masa Pandemi MAN 2 Bantul

“Tantangan bagi siswa harus disiplin dan tepati jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) perhari, kalau tidak akan ketinggalan terus dan bagi siswa yang rajin mungkin ada sisa waktu di akhir minggu karena mendahului jadwal KBM perharinya. Ditambah, guru perlu menyederhanakan tugas agar siswa tidak bosan,” tutur Drs. Tohari Suyuti, MA, guru Fiqih MAN 2 Bantul. Lebih lanjut, bagi siswa yang berada di luar jogja dan tidak memungkinkan untuk mengambil tugas, maka siswa akan mengerjakan dan mengupload di E-Smart. Tingkat keefektivitasan LKS Offline lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran e-learning lainnya. (ken)

Kontributor : MAN 2 BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 150

Bagikan