Kepala MTsN 2 Bantul Ikuti Rapat Evaluasi UPZ Kemenag Kabupaten Bantul


Kepala MTsN 2 Bantul Ikuti Rapat Evaluasi UPZ Kemenag Kabupaten Bantul Kepala MTsN 2 Bantul ikuti Evaluasi UPZ Kemenag Kabupaten Bantul. (dok:msa)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-12 14:57:45

Bantul (MTsN 2 Bantul) - Rabu (9/2) Kepala MTsN 2 Bantul menghadiri rapat koordinasi dan evaluasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Rapat yang berlangsung di Joglopring, Waroeng Ndeso, Santan, Guwosari, Pajangan, Bantul ini dihadiri oleh kepala Kemenag kabupaten Bantul, pengurus UPZ Kemenag, 16 ketua UPZ, Kasi pemberdayaan Zakat Kanwil DIY, dan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kabupaten Bantul.

Di dalam rapat tersebut disampaikan bahwa pengumpulan dana zakat dari ASN di Kemenag kabupaten Bantul di tahun 2020 naik drastis hingga 300% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kepala Kantor H. Aidi Johansyah S.Ag MM menyatakan bahwa UPZ madrasah sudah dibentuk sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama No 2 tahun 2018 tentang pembentukan unit pengumpul zakat. Bahwa di dalam surat edaran itu menyatakan bahwa pendirian UPZ harus ada surat keputusan dari BAZNAS Kabupaten Bantul karena tanpa dasar itu maka UPZ dinyatakan tidak sah, dan ada pidananya.

Disampaikan pula bahwa ada 5 program dari BAZNAS kabupaten Bantul, yaitu Bantul peduli, Bantul sehat, Bantul cerdas, Bantul Sejahtera, dan Bantul Taqwa. Kepala MTsN 2 Bantul, Musa Surahman, S.Ag. menyampaikan bahwa untuk siswa madrasah yang kesulitan ekonomi atau tidak mampu membayar Sekolah, maka bisa diajukan bantuan secara kolektif melalui madrasah dengan diketahui oleh takmir masjud setempat.

"Program Bantul sejahtera ini semoga bisa menjadi solusi bagi siswa tidak mampu yang membutuhkan bantuan dana untuk membiayai sekolah. Semoga semakin berkah bagi para ASN yang telah mengumpulkan 2,5% gajinya melalui UPZ", jelas Musa Surahman kepada tim kontributor berita MTsN 2 Bantul. (yis)

Kontributor : MTSN2BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 210

Bagikan