MAN 4 Bantul Gandeng UNY dalam Kembangkan Riset di Madrasah


MAN 4 Bantul Gandeng UNY dalam Kembangkan Riset di Madrasah Kepala Manembayo tandatangani MoU dengan UKM Penelitian UNY
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-12 05:47:27

Bantul (MAN 4 Bantul) – MAN 4 Bantul Yogyakarta (Manembayo) merupakan madrasah bertipologi riset. Banyak kegiatan siswa diarahkan untuk mendukung penelitian di madrasah. Program-program berkaitan dengan riset diciptakan untuk melahirkan para peneliti muda. Dalam rangka mengembangkan riset di madrasah, Manembayo menggandeng Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penelitian dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Kerjasama antara MAN 4 Bantul dengan UKM Penelitian UNY dalam pengembangan riset di madrasah ditandai dengan penendatangan Memorandum of Understanding (MoU) pada Senin (08/02/21). Manembayo diwakili oleh Kepala Madrasah Singgih Sampurno dan UKM Penelitian UNY diwakili oleh Kurnia Nur Lailah pengurus Bidang 3 Kewirausahaan.

Kepala Manembayo Singgih Sampurno menjelaskan isi dari MoU yang ditandatanginya adalah kedua pihak memiliki hak dan kewajiban. “Dalam perjanjian yang sudah ditandatangani, UKM Penelitian UNY berkewajiban menyalurkan tenaga pengajar untuk membimbing kelompok Ilmiah Remaja yang dimiliki Manembayo. Pihak pertama yaitu Manembayo berkawajiban menyediakan tempat serta fasilitas untuk bimbingan,” ujar Singgih.

Dari kesepakatan kedua belah pihak, lahirlah program yang diberi nama Esensial Riset. Program ini melengkapi empat program sebelumnya yang dibuat Manembayo untuk mendukungnya sebagai madrasah riset yaitu Regular Riset, Akselerasi Riset, Intensif Riset, dan Progresif Riset. Manembayo berharap kerjasama dengan UKM Penelitian UNY akan dapat mendorong para siswanya untuk menjadi peneliti muda. (uun)

Tetap Sehat dan Semangat Lawan Covid-19

 

  

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 109

Bagikan