Ikuti Apel Besar, Pramuka MTsN 4 GK Siap Laksanakan Amanat Sultan


Ikuti Apel Besar, Pramuka MTsN 4 GK Siap Laksanakan Amanat Sultan Ketua Majelis Pembimbing Daerah Kwarda Propinsi DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X tengah memasuki arena Apel Besar Hari Pramuka LVIII se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di alun-alun kota Wonosari, Selasa (20/8).
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-08-20 13:51:23

Gunungkidul ( MTsN4) – Sebanyak 369 siswa – siswi kelas VII dan VIII MTsN 4 Gunungkidul turut serta dalam acara yang bertajuk Apel Besar Hari Pramuka LVIII se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang digelar di alun-alun kota Wonosari, Selasa (20/8). Ribuan anggota pandu kepramukaan baik dari berbagai unsur gugus depan pramuka sejak pagi hari sudah memadati tempat berlangsungnya acara ini.

Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur DIY, yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah Kwarda Propinsi bertindak sebagai Pembina Apel yang dihadiri kurang lebih 5.000 peserta apel. Dalam amanatnya, Sri Sultan mengungkapkan makna dibalik peringatan harlah pramuka dan arti adanya penganugerahan lencana melati dan lencana bakti yang diberikan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Budi Waseso kepada unsur Kwarda dan Kwacab di DIY. “ Kita harus bisa mengambil makna acara peringatan ini, dimulai dari pembinaan implementasi kepramukaan dari dasa dharma, dwi dharma dan satya dharma pramuka. Sehingga terbentuk karakter pramuka yang berhati mulia dan yang terpenting selalu menjaga Pancasila dari bahaya ideologi lain. Dan dengan adanya anugerah lencana melati dan bakti ini akan menambah motivasi dalam pendidikan dan perkembangan kepramukaan yang lebih maju,” terang Sultan. 

Ikuti Apel Besar, Pramuka MTsN 4 GK Siap Laksanakan Amanat Sultan

Ikuti Apel Besar, Pramuka MTsN 4 GK Siap Laksanakan Amanat Sultan

Selain itu, Sultan juga menekankan pendidikan karakter dilakukan sejak dini. “ Melalui kegiatan pramuka sejak tingkat siaga sampai pandega akan membantu menumbuhkan rela berkorban serta jiwa kepemimpinan yang akan berguna di kemudian kelak, “ imbuhnya. 

Sementara Kordinator Pembina Pramuka MTsN 4 Gunungkidul Kak Tukiyono, S.PdI, yang berada di sela-sela peserta, mengungkapkan kebanggaannya dengan peran serta siswa-siswi MTsN 4 Gunungkidul yang diminta pihak Kwarcab Kabupaten Gunungkidul, dalam menghadiri Apel besar tersebut, “ Berdasar surat undangan dan hasil technical meeting pada hari jumat kemarin, MTsN 4 Gunungkidul diminta panitia untuk menghadirkan minimal 300 siswa, Alhamdulillah kami bisa mengirimkan 369 siswa,” ujar Tukiyono. MTsN 4 Gunungkidul menerapkan kewajiban pelajaran kepramukaan sesuai kurikulum bagi semua jenjang kelas. Bahkan termasuk syarat kenaikan kelas. " Dengan mengikuti apel ini diharapkan para pramuka tingkat Penggalang MTsN 4 GK akan berusaha menerapkan apa yang telah disampaikan Sultan, "sambungnya. (cwp)

Kontributor : MTSN4GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 392

Bagikan