Tim Persiapkan Asesmen Standar Pendidikan Daerah  (ASPD) di MTsN 1 Yogyakarta


Tim Persiapkan Asesmen Standar Pendidikan Daerah  (ASPD) di MTsN 1 Yogyakarta Rapat koordinasi Tim Pemantau Belajar Siswa  dalam Persiapan Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) dan ujian madrasah kelas IX
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-08 20:16:16

Yogyakarta (MTsN 1 Yogyakarta) - Jumat, 5 Februari 2021 MTsN 1 Yogyakarta mengadakan rapat koordinasi guru mata pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Rapat ini diselenggarakan secara online  mengingat tetap memerhatikan 5-M protokol kesehatan di masa pandemi covid 19, selain itu juga karena jadwal kerja guru  di madrasah yang berbeda. Mereka yang tergabung sebagai Tim Pemantau Belajar Siswa  dalam Persiapan Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) dan ujian madrasah kelas IX MTsN 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021 bertujuan untuk pemantapan materi. Diharapkan agar siswa benar-benar memahami materi yang selanjutnya dapat digunakan untuk menyelesaikan atau memecahkan soal ujian.

Hal ini menjadi awal  persiapan untuk membekali siswa kelas IX dalam menghadapi segenap ujian akhir tahun. Serentetan kegiatan tetap disiapkan madrasah untuk membekali siswa walaupun dalam kondisi masa pandemi. Keadaan ini tidak menyurutkan madrasah untuk tetap mencari cara agar siswa tetap dapat menyerap materi secara maksimal. Madrasah insyaallah akan mengantarkan siswa bisa lulus dengan nilai yang benar-benar dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan kemampuan siswa tersebut.

Tim Persiapkan Asesmen Standar Pendidikan Daerah  (ASPD) di MTsN 1 Yogyakarta

Pelaksanaan secara  teknis nanti menyesuaikan dengan situasi dan kondisi, media pembelajaran tetap digunakan untuk bisa menjelaskan materi  seperti  zoom/google meet, WhatsApp, telepon, voice, dll. yang dapat diaplikasikan dan dipandang efektif oleh siswa dan guru. Bahan ajar seperti modul tentu saja disiapkan terlebih dahulu sebelum jadwal siswa berlangsung sehingga siswa sebelum pendalaman materi berlangsung sudah membacanya terlebih dahulu. Ada pun evaluasi pelaksanaan per hari  dengan saling sharing  pengalaman pelaksanaan antarguru mata pelajaran untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pendalaman materi berlangsung, yang selanjutnya dapat ditindaklanjuti untuk lebih baik.

Menurut Waka Kurikulum Anik Lestari, M.Pd., adanya tim ini diharapkan  siswa memiliki percaya diri dan semangat dalam mengerjakan soal meskipun di masa pandemi. Kepercayaan diri siswa dalam memahami dan menelaah soal perlu ditekankan sehingga siswa tertata kelogisan alur berpikir dalam menyelesaikan pemecahan soal dan mempunyai  simpulan yang tepat dan cepat. Adanya kepercayaan diri atas ilmu yang telah diperoleh  mudahan-mudahan juga berimbas dapat meningkatkan percaya dirinya. (tmp)

#semangatlawancovid  #janganlengah #patuhiprokes

 

 

Kontributor : MTSN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 5567

Bagikan