Rencanakan TOT, MAN 2 Bantul Akan Gandeng Guru BK SMP/MTs Se-Kabupaten


Rencanakan TOT, MAN 2 Bantul Akan Gandeng Guru BK SMP/MTs Se-Kabupaten Nur Wahyudin Al Azis, S.Pd menghadiri undangan di MAN 2 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-07 21:13:20

Bantul (MAN 2 Bantul) - Madrasah merupakan salah satu penyumbang pembentukan karakteristik penerus bangsa. Salah satu komponen utama pendidikan di madrasah adalah guru. Guru memegang penting dalam perkembangan peserta didik. Keberhasilan peserta didik sedikit banyak dipengaruhi oleh kecakapan seorang guru. Hal inilah yang menjadi salah satu pertimbangan dasar MAN 2 Bantul mengadakan acara TOT. TOT yang merupakan kepanjangan dari Training of Trainer yakni proses mentransformasikan peningkatan keterampilan serta pengetahuan sehingga seseorang mampu mengembangkan kemampuannya.

Nur Wahyudin Al Azis, S.Pd, mantan Kepala Madrasah yang saat ini menjadi guru di MAN 2 Yogyakarta menghadiri undangan di MAN 2 Bantul pada Sabtu (6/2/2021). Undangan tersebut dalam rangka membahas persiapan TOT bagi guru Bimbingan Konseling (BK) tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Bantul yang akan diselenggarakan pada Rabu, 10 Februari 2021 mendatang. Acara tersebut merupakan bentuk kerjasama MAN 2 Bantul dengan guru Bimbingan Konseling. Azis, yang pernah menjabat sebagai Kepala MAN 3 Bantul merupakan narasumber dalam acara pengembangan diri tersebut. Selain seminar, acara lainnya yakni pengenalan madrasah untuk menyambut PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru).

Harapan dari acara TOT dengan tema The Power Of Word itu ialah mampu meningkatkan kompetensi, pengetahuan serta ketrampilan seorang guru BK agar dapat mempertahankan kinerja dan melakukan inovasi pekerjaannya. Selain itu, peserta akan lebih memahami ruang lingkup bimbingan dan konseling sehingga dapat melakukan tindakan yang tepat dalam membimbing dan melayani siswanya. “Saya akan memberikan ilmu kepada para guru BK bagaimana memanajemen kata-kata bisa menjadi kekuatan untuk memotivasi para siswa,” tutur Azis. (kak/edp)

 

Kontributor : MAN 2 BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 74

Bagikan