Manfaatkan Limbah Kain, MTsN 3 Bantul Berkreasi Membuat Pot


Manfaatkan Limbah Kain, MTsN 3 Bantul Berkreasi Membuat Pot Menghiasi pot dari kain di MTsN 3 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-07 15:28:15

Bantul (MTsN 3 Bantul) – Limbah kain merupakan bahan-bahan bekas dari produk jasa para penjahit yang sudah tidak dapat dimanfaatkan lagi dalam membuat pakaian, sebagian orang menyebutnya sebagai kain perca. Bahan yang dianggap hidup segan mati tak mau ini memang sulit dimanfaatkan, namun bagi yang mempunyai pikiran kreatif, ada saja yang bisa dilakukan untuk kain bekas tersebut. Kreativitas yang dimiliki seseorang kemudian dikreasikan untuk membuat barang jadi.

Demikian yang dilakukan oleh MTsN 3 Bantul dalam rangka menuju madrasah adiwiyata membuat kreasi pot dari kain bekas. Dipimpin oleh koordinator kelompok kerja (pokja) pemanfaatan kain bekas Drs. Zamroni, para anggota tim yang rata-rata adalah siswa madrasah mulai menekuni pekerjaannya dalam membuat pot-pot bunga yang diselimuti kain. Tugasnya dibagi dengan rata, masing-masing memiliki tugas sendiri-sendiri sesuai pembagian yang dilakukan Zamroni.

Terlihat siswa nampak tekun dalam melakukan pekerjaannya, ada yang memotong kain, serta ada yang melekatkan kain pada bahan pot. “Ini adalah tugas tim kami dalam rangka mendukung madrasah adiwiyata,” tutur Zamroni. Pemanfaatan kain bekas untuk bahan pot ini diperoleh saat pelatihan adiwiyata dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul beberapa waktu yang lalu. Ilmu yang dipelajari saat itu telah diimplementasikan untuk mewujudkan madrsah adiwiyata. (ist)

Kontributor : MTSN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 98

Bagikan