Tunjukkan Inovasi Adiwiyata, Siswa MTsN 3 Bantul Kreasikan Ecobrick


Tunjukkan Inovasi Adiwiyata, Siswa MTsN 3 Bantul Kreasikan Ecobrick Pokja Plastik kreasikan ecobrick di MTsN 3 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-07 15:27:01

Bantul (MTsN 3 Bantul) - Ecobrick adalah botol plastik yang dikemas dengan plastik bekas dengan kepadatan yang ditentukan. Mereka berfungsi sebagai blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Ecobrick dapat digunakan untuk memproduksi berbagai macam barang, termasuk furnitur, dinding taman, dan bangunan lainnya. Kreasi atau pembuatan ecobrick tentu saja mendukung upaya pemeliharaan lingkungan karena dapat mengurangi sampah yang berlebihan.

Demikian dilakukan oleh MTsN 3 Bantul pada Rabu (3/2/2021) dengan memberdayakan para siswa membuat ecobrik untuk mendukung program adiwiyata madrasah. Sekelompok siswa yang tergabung dalam komunitas pendukung adiwiyata tersebut dipandu oleh guru Matematika Suhartatik, S.Pd. mulai berkreasi untuk menunjukkan inovasi yang diprogramkan dalam Adiwiyata. Bahan plastik bekas berupa botol-botol minuman yang sudah kosong akan disulap menjadi puluhan bahkan ratusan ecobrik.

Menurut Suhartatik direncanakan ecobrik yang diperoduksi oleh madrasah hijau Giriloyo tersebut akan digunakan untuk memperkuat sekaligus menjadi assesoris furnitur madrasah seperti kursi dan pot bunga. “Kami akan melakukan langkah dukungan adiwiyata dengan karya inovasi ecobrik untuk dimanfaatkan sendiri di madrasah kami,” tuturnya. Para siswa yang membantu pembuatan ecobrik menjadi nilai tersendiri karena dapat mengimplementasikan pelajaran yang ia dapatkan di kelas maupun secara online serta dapat mempraktikkannya. (ist)

 

Kontributor : MTSN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 329

Bagikan