MTsN 5 Sleman Lakukan Seleksi Ketat Peserta KIR


MTsN 5 Sleman Lakukan Seleksi Ketat Peserta KIR Calon Peserta KIR MTsN 5 Sleman Mempresentasikan Makalah di Depan Juri
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-06 14:17:34

Sleman (MTsN 5 Sleman) - MTsN 5 Sleman ditetapkan oleh Kementerian Agama RI sebagai salah satu madrasah penyelenggara program riset.  Program madrasah riset ini ditargetkan menjadi ujung tombak pengasah kemampuan riset siswa madrasah. Menindaklanjuti hal tersebut, MTsN 5 Sleman benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya dengan sungguh-sungguh untuk menjadikan riset ini sebagai unggulan madrasah. 

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan melaksanakan kegiatan Karya Ilmiah Remaja atau KIR. KIR ini nantilah yang diharapkan menjadi cikal bakal unggulnya riset di MTsN 5 Sleman. Seleksi peserta KIR pun dilakukan sangat ketat untuk mendapatkan bibit - bibit unggul di bidang riset.

MTsN 5 Sleman Lakukan Seleksi Ketat Peserta KIR

Seleksi peserta KIR dibuka bagi siswa-siswi kelas 7, 8, dan 9 pada tahun pelajaran 2020/2021. Siswa yang berminat mengikutinya adalah siswa yang dapat menyusun karya ilmiah, senang meneliti, siap berprestasi, dan memiliki semangat luar biasa untuk maju membawa riset sebagai unggulan madrasah.

Seleksi terbagi menjadi 3 tahap. Seleksi tahap 1 diawali dengan pendaftaran, siswa mengisi google form sesuai dengan bidang yang ingin ditekuni. Ada 6 bidang pilihan yaitu bidang kesehatan, lingkungan, kemaritiman, teknologi,  keagamaan, dan sosial humaniora. Antusias siswa ternyata luar biasa. Pada tahap 1, dari 380 siswa yang dinyatakan lolos sebanyak 132 siswa. Selanjutnya di tahap 2, siswa diwajibkan membuat makalah atau karya tulis tentang bidang yang telah dipilih. Di tahap ini, dari 132 siswa yang lolos pada tahap pertama, 62 siswa dinyatakan lolos tahap 2 dan berhak mengikuti tahap 3 sebagai tahap akhir.

Selanjutnya pada tahap 3 dilakukan tes wawancara dan presentasi makalah yang sudah dibuat para calon peserta. Pada tahap ini setiap siswa dihadapkan pada 3 guru yang berlaku sebagai juri.  

Seleksi wawancara dan presentasi dilaksanakan selama 2 hari pada Kamis dan Jumat (4/01/2021-5/01/221) di ruang aula MTsN 5 Sleman dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Pada sesi wawancara,  Etyk Nurhayati, Kepala MTsN 5 Sleman terjun langung untuk menyeleksi para siswa. Setelah melakukan seleksi 3 tahap, terpilihlah 42 siswa peserta kegiatan KIR yang akan menjadi cikal bakal kegiatan riset di MTsN 5 Sleman.

Etyk Nurhayati Kepala MTsN 5 Sleman menyampaikan, "Kami sangat bersungguh-sungguh dalam menjalankan amanah Kementerian Agama RI yang telah menunjuk MTsN 5 Sleman sebagai madrasah riset. Karena SK tersebut baru kami terima pada bulan desember 2020 maka kegiatan riset dalam satu semester ini masih menjadi ekstrakurikuker, tetapi pada tahun pelajaran 2021/2022 Insya Allah sudah masuk kurikulum dan sudah ada kelas khusus riset. Kesungguhan Kami dalam mewujudkan riset sebagai unggulan di madrasah ini, selain membentuk tim riset, melakukan seleksi ketat terhadap peserta KIR, juga menggandeng lembaga riset profesional untuk melakukan pembimbingan, dan tentunya mengganggarkan pembiayaan kegiatan ini dalam anggaran tahun 2021. Semoga segala ikhtiar yang kami lakukan  dapat mewujudkan MTsN 5 Sleman menjadi madrasah yang unggul di bidang riset, hebat bermartabat berkelas dunia".  

Output akhir dilaksanakannya seleksi KIR ini berupa terwujudnya peneliti muda yang akan menjadi ujung tombak penelitian ilmiah di MTsN 5 Sleman. Selain itu, madrasah juga berharap bahwa dari ektrakurikuler KIR inilah akan muncul bibit-bibit unggul yang siap bersaing dengan para siswa di sekolah-sekolah lain dalam even lomba baik nasional maupun internasional. (ety) 

Kontributor : MTSN5SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 236

Bagikan