Sambut Madrasah Adiwiyata, Pokja Kompos MTsN 3 Bantul Berdayakan Siswa


Sambut Madrasah Adiwiyata, Pokja Kompos MTsN 3 Bantul Berdayakan Siswa Pokja kompos MTsN 3 Bantul mulai bekerja
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-05 22:57:35

Bantul (MTsN 3 Bantul) – Membentuk madrasah adiwiyata memang tidak semudah membalik telapak tangan. Diperlukan berbagai strategi untuk mewujudkan madrasah berbasis cinta lingkungan tersebut. Namun juga bukan pekerjaan yang sulit sekali jika dilakukan dengan program sistematis dan melibatkan unsur-unsur civitas akadmeika madrasah untuk melakukan progress pekerjaan menuju tercapainya cita-cita dan keinginan seluruh warga madrasah tersebut.

Demikian dilakukan oleh Kelompok Kerja (Pokja) Kompos MTsN 3 Bantul, salah satu sub kepanitiaan Adiwiyata yang menangani konservasi sampah menjadi pupuk kompos. Pokja yang dipimpin guru IPA madrasah Erna Yuni Astuti, S.Pd. tersebut pada Senin (1/2/2021) mengumpulkan para siswa yang menjadi anggota tim untuk melakukan proses pembentukan kompos sekaligus untuk membersihkan sampah-sampah yang beredar. Pemberdayaan siswa tersebut dimaksudkan untuk membentuk karakter adiwiyata bagi civitas akademika.

“Kami senang dibantu oleh para siswa, demikian juga para siswa terlihat gembira berperan dalam perwujudan madrasah adiwiyata,” tutur Erna. Sekelompok siswa yang dikoordinasikan dalam pekerjaan satu ini nampak senang melakukan persiapan tempat sampah atau wadah yang akan memproses sampah tersebut menjadi kompos. Manfaat yang didapat selain membersihkan sampah juga menghasilkan pupuk organik yang digunakan untuk menyuburkan tanaman. (ist)

Kontributor : MTSN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 104

Bagikan