Siap Jadi Pionir Publikasi Madrasah, MAN 2 Bantul Adakan Pelatihan Pembuatan Berita


Siap Jadi Pionir Publikasi Madrasah, MAN 2 Bantul Adakan Pelatihan Pembuatan Berita Palatihan pembuatan berita MAN 2 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-05 21:17:40

Bantul (MAN 2 Bantul) - Berita merupakan salah satu jendela informasi yang bisa diakses oleh siapa pun. Tak terkecuali berita seputar madrasah, khususnya madrasah di bawah naungan Kantor Wilayah Kemenag DIY. Banyak hal menarik yang bisa digali dan diberitakan dari teras madrasah. Untuk menghasilkan sebuah berita yang bernas, perlu diadakan sebuah pelatihan penulisan berita untuk memahami teori dalam pembuatan sebuah berita dan dapat berlatih langsung dengan monitoring dari seorang pelatih.

Pada Jumat (5/2/2021) MAN 2 Bantul mengadakan pelatihan pembuatan berita di aula lantai dua yang diberikan kepada anggota baru Tim News. Ketiga anggota baru tersebut merupakan guru Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang terdiri dari Riyadi Setiawan, S.Sn., Ken Ayu Kartika Ningrum, S.Ag., dan Karlina, S.Psi. Pelatihan yang diberikan mencakup bagaimana menulis sebuah berita yang singkat, padat, dan jelas dengan sebuah judul menarik bagi pembaca. “Menulis berita tentang madrasah itu mudah, yang penting kita cinta pada madrasah kita,” tutur Edy Purwanto, S.Pd., M.Pd.Si. selaku PIC (Person in Charge) berita MAN 2 Bantul.

Membuat berita minimal cukup dengan tiga alenia, yaitu orientasi/latar belakang, isi berita yang mencakup 5W+1H, dan keistimewaan dari acara yang diberitakan. Tim News yang baru saja dibentuk ini siap menjadi pionir bagi madrasah di bidang publikasi. Selain menjadi pionir, harapan ke depan tim ini adalah mampu menjadikan masyarakat semakin mengenal dan mencintai madrasah. Kepala MAN 2 Bantul Drs. H. Ulul Ajib, M.Pd. mengaku senang dengan pelatihan ini. “Kami sengaja mengadakan pelatihan pembuatan berita ini agar nama harum madrasah kian semerbak di khalayak umum,” ungkapnya. (krl/edp)

Kontributor : MAN 2 BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 105

Bagikan