Subhan Cholid Direktur Haji Urusan Luar Negeri menjadi Narasumber Seminar di MAN 3 Bantul


Subhan Cholid Direktur Haji Urusan Luar Negeri menjadi Narasumber Seminar di MAN 3 Bantul Subhan Cholid, Lc. MA menyampaikan paparannya
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-05 12:51:50

Bantul (MAN 3 Bantul)-Pelaksanaan Seminar Online Studi Lanjut ke Timur Tengah yang diselenggarakan oleh MAN 3 Bantul pada Sabtu kemarin (30-1-2021). Dalam kegiatan tersebut hadir beberapa narasumber yang kompeten untuk berbagi ilmu dan pengalaman mereka terkait topik seminar. Peserta yang mengikuti juga cukup banyak. Tercatat peserta yang mendaftar ada 1010 orang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satu pembicara adalah Subhan Cholid, Lc. MA. Yang sekarang juga menjabat sebagai Direktur Haji Urusan Luar Negeri. Subhan adalah lulusan Universitas Al Azhar Mesir.  Dan juga pernah tinggal lama di Arab Saudi sebagai diplomat. Sesudah itu juga sering ke Arab Saudi untuk mengurus urusan haji Indonesia.  Dengan berbagai pengalaman dan ilmu yang dimiliki. Subhan sangat memahami bagaimana perjuangan yang harus dilakukan saat seseorang belajar di luar negeri, dan juga kemampuan bertahan dalam masyarakat yang berbeda budaya seperti budaya di Timur Tengah.

Subhan Cholid Direktur Haji Urusan Luar Negeri menjadi Narasumber Seminar di MAN 3 Bantul

Subhan Cholid Direktur Haji Urusan Luar Negeri menjadi Narasumber Seminar di MAN 3 Bantul

Subhan Cholid Direktur Haji Urusan Luar Negeri menjadi Narasumber Seminar di MAN 3 Bantul

Subhan mengerucutkan informasi yang disampaikan menjadi 3 tahap. Apa saja yang harus dilakukan ketika orang punya keinginan untuk belajar ke Timur Tengah?. Langkah pertama, kuatkan niat untuk belajar di luar negeri. Kedua, minta dukungan ke keluarga agar bisa terwujud. Lalu sesudah kemauan dikuatkan dengan niat dilanjutkan langkah  ketiga,  kemampuan yang dikuatkan.

Yang dimaksud kemampuan disini ada beberapa hal. Antara lain, kemampuan berbahasa Arab menjadi syarat utama karena segala kegiatan dilakukan dengan Bahasa Arab.  Meski ada juga perguruan tinggi yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar misalnya King Saud University of Technology. Berikutnya adalah kemampuan  finansial. Finansial harus siap. Apakah akan menggunakan  beasiswa atau biaya mandiri.

Jika mau mendapatkan beasiswa maka hal apa yang harus dipersiapkan. Itu harus dipelajari dan diperjuangkan agar kemampuan maksimal, sehingga sukses mendapatkan beasiswa. Tantangan berikutnya adalah tradisi, budaya sangat berbeda sehingga kita betul-betul harus siap. Tradisi yang berbeda bisa menjadi persoalan yang berkepanjangan jika tidak dimanajemen dengan baik.

Komunikasi selain kosa kata atau kemampuan berbahasa maka gaya komunikasi menjadi tantangan tersendiri. Pola, cara, dan gaya komunikasi , serta budaya setempat harus dikuasai agar tantangan bisa dihadapi dan bisa lancar dan sukses dalam belajar di luar negeri. Bagaimana seseorang mampu bertahan di luar negeri hingga selesai studi itu bergantung pada kondisi pribadi masing-masing orang.

 

Paparan dari Subhan mendapatkan tanggapan yang sangat baik dari para peserta. Banyak yang menanyakan berbagai hal, dan dijawab dengan baik dan jelas. Meski saat paparan awal terdapat gangguan sinyal, tetapi peserta kemudian tetap bisa memahami paparan yang diberikan. Pada akhir pemaparan, sinyal cukup kondusif sehingga dialog bisa ditangkap dengan baik oleh peserta.

 

Kepala MAN 3 Bantul, Drs. Syamsul Huda, M. Pd. menyampaikan, “Kami dari MAN 3 Bantul menghaturkan terimakasih kepada Direktorat GTK Madrasah Kementerian Agama RI, yang berkenan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini. Kami haturkan juga terimakasih yang sebesar-besarnya kepada narasumber  Subhan Cholid, Lc, MA yang telah berbagi pengalaman yang sangat bermanfaat, kepada seluruh peserta seminar. Semoga segala kebaikan dibalas Allah dengan berlipat ganda, dan semoga peserta yang mengikuti seminar dimudahkan Allah swt untuk dibukakan jalan melanjutkan studi ke Timur Tengah”. (nrs)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 185

Bagikan