MTsN 4 Bantul, Hadapi Audit BPK Terkait Penggunaan Dana BOP 2020


MTsN 4 Bantul, Hadapi Audit BPK Terkait Penggunaan Dana BOP 2020
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-02-05 08:42:07

Bantul(MTsN 4 Bantul)- Dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) merupakan dana bantuan dari pemerintah terkait dengan upaya Mewujudkan generasi yang cerdas yang menjadi salah satu tujuan pembangunan Pemkab Bantul. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Bantul yaitu Sehat, Cerdas dan Sejahtera. Untuk mewujudkan generasi yang cerdas tersebut, salah satu upaya yang ditempuh adalah memberikan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).

BOP diberikan kepada sekolah dan madrasah jenjang SD/MI, SMP/MTs di kabupaten Bantul sesuai amanat bupati Bantul melalui Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Pemkab Bantul. Dalam rangka memantau penggunaan BOP di madrasah, Hari ini Kamis (4/2/2021) dilaksanakan audit penggunaan BOP di MTsN 4 Bantul.

MTsN 4 Bantul, Hadapi Audit BPK Terkait Penggunaan Dana BOP 2020

Audit oleh BPK di MTsN 4 Bantul ini, dimulai pukul 09.00 WIB dilakukan oleh tim audit berjumlah empat orang, yakni dari BPK 2 orang dan dari dikpora 2 orang. Pada kesempatan tersebut tim audit menanyakan bagaimana prosedur pengajuan BOP, proses pencairannya, dan system pelaporannya.

“Untuk madrasah bagaimana pencairannya dan bulan apa bisa cair, kapan maksimal pelaporan dari pelaksana BOP ke Dikpora,”tanya Kholid salah satu tim audit.” Adakah pendampingan dari dikpora terkait penggunaan dan pembuatan laporan, “tanya Khalid, dari salah satu anggota tim audit.

Sementara tim penerima audit MTsN 4 Bantul yang dipimpin oleh Kepala madrasah, waka kesiswaan dan KTU dengan yakin terhadap kesiapan bukti fisik menjawab semua pertanyaan dari tim audit.

“Terkait penggunaan BOP, ada sosialisasi tentang perbud no 22 Tahun 2020 dan diselenggarakan bimtek pembuatan laporan dengan narasumber dari dikpora,”jawab Siti Solichah.

Audit ini berhasil ditanggapi dengan lancar oleh madrasah dan ada beberapa masukan dan perlu dilaksanakan madrasah terkait perbaikan penggunaan dana bantuan BOP ini. Audit berakhir pukul 10.45 WIB dan tim audit berkenan melaksanakan audit di sekolah lain. (khj)   

Kontributor : MTSN 4 BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 100

Bagikan