Inisiasi Penerbitan Buletin, RA Ar Raihan Gelar Pelatihan Menulis Guru


Inisiasi Penerbitan Buletin, RA Ar Raihan Gelar Pelatihan Menulis Guru
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-30 06:59:13

Bantul (RA Raihan)—Pada masa pandemi covid 19 ini beban pendidikan lebih banyak tertumpu pada orang tua murid. Oleh karena itu orangtua murid membutuhkan banyak dukungan baik materi pembelajaran maupun dukungan materi pengasuhan (parenting) anak yang baik. Untuk itu, RA Ar Raihan menginisiasi penerbitan buletin bulanan Permata Hati.

“Buletin parenting dapat tayang apabila ada artikel-artikel yang bisa dihasilkan oleh guru. Akan tetapi sebagian besar guru belum mempunyai kemampuan menulis yang memadai, karenanya diadakanlah pelatihan menulis untuk guru-guru RA Ar Raihan,” terang kepala RA Ar Raihan Sugeng Sri Lestari, S.Si, di sela Pelatihan Menulis, Jumat (29/01/2021).

Inisiasi Penerbitan Buletin, RA Ar Raihan Gelar Pelatihan Menulis Guru

Inisiasi Penerbitan Buletin, RA Ar Raihan Gelar Pelatihan Menulis Guru

Ia menuturkan, pihaknya selalu berusaha meningkatkan kompetensi guru dalam semua bidang pengembangan, salah satunya adalah dalam kemampuan literasi menulis. “Kemampuan menulis ini diperlukan guru dalam penerbitan artikel di bulletin RA. Kemampuan menulis berita juga cukup penting untuk keperluan publikasi madrasah. Oleh karena itu kami mengundang narasumber pakar di bidangnya yaitu Bapak Sabjan Badio, M.Pd yang juga merupakan asesor lembaga sertifikasi profesi penulis dan editor profesional. Kita sangat beruntung karena beliau bisa meluangkan waktunya di sela-sela kesibukannya yang cukup padat,” urainya.

Sebagian sajian pelatihan diantaranya adalah cara menyusun tulisan sederhana yang menarik, bagaimana membuat pembuka tulisan bisa dengan kata tanya atau fakta yang membuat pembaca tergugah, bagaimana membuat inti tulisan serta cara membuat penutup.

Narasumber Sabjan Badio menjelaskan, penutup tulisan bisa dibuat sebagai jawaban dari pertanyaan pembuka. “Dapat ditulis dalam bentuk harapan maupun pertanyaan,” tukasnya. Ia menambahkan, menurut Steven King menulis adalah menyusun kata demi kata. “Artikel yang bagus adalah artikel yang ditulis sampai selesai atau sampai jadi. Artikel yang siap ditayangkan sehingga bermanfaat,” jelas Sabjan Badio.

Kesan-kesan pelatihan disampaikan Jumiyati, S.PdAUD guru senior di Ar Raihan. “Pelatihannya sangat bagus, serasa berada di bangku kuliah lagi,” ujarnya. Dalam kesempatan yang sama Purwantiningsih, S.Pd guru kelompok A3 menuturkan, "Asik sekali mengikuti materi pelatihan Pak Sabjan, berharap ada pelatihan lagi agar lebih puas dan lebih banyak ilmu yang didapatkan,” tuturnya. (ssl/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 125

Bagikan