Pembinaan Pencegahan Radikalisme, Kakanwil Ingatkan Peran Penting Tokoh Agama


Pembinaan Pencegahan Radikalisme, Kakanwil Ingatkan Peran Penting Tokoh Agama Kegiatan pembinan Pencegahan Radikalisme, Jumat (26/04).
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2019-04-27 06:11:17

Yogyakarta (Inmas DIY)---Di awal tahun ini terjadi beberapa peristiwa yang mengusik harmonisasi umat beragama di DIY. Kendati demikian, semua dapat diatasi salah satunya dengan peran tokoh lintas agama. 

"Karena kerukunan umat beragama itu penting maka peran pemangku kepentingan baik formal maupun informal menjadi vital," tandas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Edhi Gunawan saat membuka Pembinaan Pencegahan Radikalisme, Jumat (26/04), di Hotel New Saphir Yogyakarta. 

Hadir dalam kesempatan ini selain Kakanwil, dua narasumber yakni Dr. Muhammad Iqbal dari UGM dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DIY Agung Supriyono. Juga hadir Kapolda DIY diwakili Dirbinmas Polda DIY Kombes Pol Rudi Heru Susanto, jajaran eselon III Kemenag DIY dan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DIY dan Kabupaten/Kota.

Kakanwil Edhi Gunawan menambahkan, tokoh agama terbukti dapat memberikan rasa saling percaya di antara umat. "Selain itu juga memiliki peran untuk menambah kesadaran umat beragama akan bahaya konflik," sambungnya. Untuk itu pihaknya mengajak tokoh agama agar terus melakukan komunikasi secara intensif.

Sebelumnya, Ketua Penyelenggara yang juga Kasubbag Hukum dan KUB Kemenag DIY Solikhan Amin mengatakan kegiatan ini untuk menambah wawasan multikuktural tokoh agama. "Apalagi negara kita sangat plural," ujarnya.

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan paparan oleh kedua narasumber dan disambung diskusi dimoderatori Kasubbag Informasi dan Humas Ahmad  Fauzi. (bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : ADMIN BERITA 2
Dibaca : 255

Bagikan