Gencarkan Literasi, MIN 2 Sleman Ikut Partisipasi Dalam Penulisan Buku Oktoberima


Gencarkan Literasi, MIN 2 Sleman Ikut Partisipasi Dalam Penulisan Buku Oktoberima
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-25 17:58:58

Sleman (MIN 2 Sleman) – Bulan Oktober merupakan bulan peringatan sumpah pemuda, dimana pada bulan itu juga diperingati sebagai bulan bahasa. Pada tahun 2020, bulan bahasa mengusung tema “Berbahasa untuk Indonesia Sehat”. Kemampuan berbahasa dan bersastra yang baik dapat membantu masyarakan untuk saling memahami sehingga segala permasalahan dapat di atasi, termasuk covid-19. Sedangkan sehat merupakan gambaran kata yang menjadi cita cita seluruh warga Indonesia dan dunia.

Pada Oktober 2020, Komunitas Merdeka Menulis (KMM) mengajak para guru dan siswa untuk merayakan bulan bahasa dengan berkarya melalui sastra puisi. Tujuan dari kegiatan ini adalah guru mengajak siswanya untuk menulis puisi sebagai salah satu cara mengobarkan semangat api literasi di kalangan generasi muda untuk lebih mencintai sastra.

Pada pelaksanaannya, KMM melakukan seleksi naskah dari tim yang mengikuti kegiatan ini. Tim dalam kegiatan ini terdiri satu orang guru dan tiga orang siswa. Tak mau melewatkan kesempatan, lima tim MIN 2 Sleman ikut dalam seleksi naskah dan berhasil melaluinya. Adapun guru yang terlibat dalam penulisan ini adalah Jumiyem, S.Pd., Adib Kurniawan, S.Pd., Lusianawati, S.Pd.SD., Dra.Suryati, dan Sri Sumartini, S.Pd. Untuk siswa yang terlibat berasal dari kelas V dan III.

“Alhamdulillah kami dan siswa-siswa MIN 2 Sleman dapat berkontribusi pada penulisan Oktoberima. Ini merupakan hasil karya siswa dalam bentuk puisi dimasa pandemi covid-19 dan pembelajaran jarak jauh. Meski bimbingan dilakukan secara daring, tidak mematahkan semangat anak-anak dalam menulis. Semangat menulis ini semoga menjadi langkah menumbuhkan literasi untuk generasi mendatang.” ungkap Jumiyem. (nrl)

Kontributor : MIN2SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 108

Bagikan