Meski Pandemi Covid-19, Siswa MTsN 7 Gunungkidul Tetap Semangat Ikuti Try Out AKM


Meski Pandemi Covid-19, Siswa MTsN 7 Gunungkidul Tetap Semangat Ikuti Try Out AKM
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-12 16:40:20

Gunungkidul (MTsN 7 Gunungkidul) -- Berdasarkan Surat Edaran dari Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Gunungkidul  Nomor : B-07/MTs.12. 22/HM.01.1/01/2021 tentang  Pelaksanaan Try Out AKM peserta didik kelas VIII MTsN 7 Gunungkidul. Maka diadakan kegiatan Try Out AKM  melalui Aplikasi Edubrand  dari rumah masing- masing dan tetap dipantau dari Madrasah secara online pada hari Senin - Selasa, (11-12 /1/2021). Adapun tujuan dari kegiatan tersebut  adalah untuk mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. 

Menurut Kepala MTsN 7 Gunungkidul, Miftahul Ichwan, AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua peserta didik  untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. "Oleh karena itu di era new normal  ini kami tetap melaksanakan Try Out AKM bagi para peserta didik  MTsN 7 Gunungkidul kelas VIII melalui Aplikasi Edubrand," ungkapnya. 

Selanjutnya, Waka Kurikulum, Haryanti  menyampaikan bahwa AKM itu untuk menguji kemampuan peserta didik  pada literasi dan numerasi. Maka  siswa perlu untuk  mengetahui materi-materi yang  diujikan pada Try Out AKM  diantaranya literasi, survey karakter, numerasi dan survei lingkungan belajar. Dengan demikian Asesmen kemampuan literasi dirancang untuk menguji kemampuan literasi membaca peserta didik, sedangkan  asesmen numerasi untuk mengukur/ mengevaluasi kemampuan peserta didik dalam menerapkan konsep matematika dasar untuk menyelesaikan suatu masalah. "Jadi kami hanya berharap pelaksanaan Try Out AKM sukses meskipun ditengah pandemi Covid-19," ungkap Haryanti.

Pada kesempatan yang sama Proktor MTsN 7 Gunungkidul, Marsudi menyampaikan jika Daftar Username dan Password peserta AKM sudah dikirimkan secara online ke masing-masing peserta melaui WA grup, untuk mempermudah dan memperlancar Try Out  AKM ini. "Jadi jika secara teknis pelaksanaan Try Out ini ada kendala, maka proktor siap membantu peserta didik," tandasnya.

Sementara itu, salah satu peserta Try Out  dari MTsN 7 Gunungkidul, Anisa Septiani kelas 8a mengatakan sebagai peserta didik  semangat untuk mengikuti Try Out AKM selama dua  hari, meskipun secara online dari rumah.  "Kami tidak merasa kesulitan untuk mengikuti  Try Out AKM ini, karena ketika ada kendala kami tetap dapat bertanya kepada bapak/ ibu guru secara online atau langsung ke website yang sudah tersedia. Semoga Try Out AKM  berjalan dengan lancar," harapnya. (les).


Tetap sehat dan semangat #LawanCovid19

Kontributor : MTSN7GK
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 119

Bagikan