Mantapkan Persiapan, MTsN 8 Sleman Laksanakan TPPU USDA


Mantapkan Persiapan, MTsN 8 Sleman Laksanakan TPPU USDA
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-12 13:16:37

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Sesuai keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Ujian Nasional bagi kelas 9 telah resmi dibatalkan, namun demikian sekolah maupun madrasah di wilayah Sleman akan tetap menyelenggarakan ujian sekolah. Rencananya, Kementerian Agama Kabupaten Sleman beserta Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman akan menyelenggarakan Ujian Sekolah Daerah (USDA) di akhir semester genap nanti.

Dalam USDA tersebut, mata pelajaran yang diujikan tetap sama dengan UN yakni Bahasa Indoensia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Hal tersebut dijelaskan oleh Waka Kurikulum MTsN 8 Sleman, Drs. Muhammad Jafron.

Ia menambahakan, untuk mempersiapkan USDA, madrasah telah mempersiapkan Test Pemantapan Persiapan Ujian (TPPU) yang dimulai di awal semester genap, kegiatan TPPU pertama bagi siswa kelas 9 tersebut digelar secara online, Senin – Selasa (11-12/01/2021).

Sementara itu Kepala MTsN 8 Sleman, Jazim Kholis, S.Ag. mengatakan USDA sendiri nantinya digunakan sebagai bahan evaluasi serta pemetaan untuk peningkatan mutu pendidikan di Sleman, selain itu USDA juga digunakan sebagai salah satu komponen dalam peringkat nilai untuk melanjutkan ke jenjang SMA/MA/SMK.

“Walaupun UN sudah dihapus untuk kelas 9, tetapi para siswa tetap harus mempersiapkan untuk ujian USDA, hal ini sangat penting untuk persiapan melanjutkan ke jenjang berikutnya,” ujarnya.

Jazim menandaskan, USDA sendiri mempunyai fungsi yang sama dengan UN (Ujian Nasional), namun hanya ada perbedaan pada pembuatannya saja. Jika UN dibuat dan dikoordinir oleh pemerintah secara nasional, USDA dikoordinasi oleh kabupaten, namun tetap dengan kisi-kisi yang dibuat secara nasional.(imm)

*Tetap Sehat dan Semangat*

*#LawanCovid-19*

Kontributor : MTSN8SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 341

Bagikan