Siap Jelang AKM, Siswa Kelas 8 MTsN 8 Sleman Ikuti Tryout AKM Online


Siap Jelang AKM, Siswa Kelas 8 MTsN 8 Sleman Ikuti Tryout AKM Online
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-12 13:13:47

Sleman (MTsN 8 Sleman) – MTsN 8 Sleman bersama madrasah negeri maupun swasta di D.I. Yogyakarta secara serentak melaksanakan Tryout Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) secara Online pada Senin-Selasa (11-12/01/2021).  Bekerjasama dengan Edubrand, MTsN 8 Sleman memperkenalkan contoh – contoh soal AKM yang terdiri dari Literasi, Numerasi, Survey Karakter serta Survey Lingkungan kepada seluruh siswa kelas 8.

Ditemui di sela – sela kegiatan tersebut, Waka Kurikulum Drs. Muhammad Jafron mengatakan, AKM merupakan program yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengasah aspek kognitif siswa melalui literasi dan numerasi.

“AKM bertujuan untuk mengukur kemampuan  memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu,” ujar Jafron.

"Sedangkan Asesmen numerasi digunakan untuk mengukur kemampuan berfikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, alat matematika untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari pada berbagai berbagai konteks yang relevan," tambahnya.

Sedangkan Survei Karakter digunakan untuk mengukur capaian murid dalam belajar sosial emosional untuk mencetak profil pelajar Pancasila. Sedangkan, survei lingkuangan belajar digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala MTsN 8 Sleman, Jazim Kholis, S.Ag. berharap kegiatan tersebut dapat lebih mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian AKM di akhir semester genap ini. “Secara rutin dari semester 1 kita telah memperkenalkan contoh soal AKM dan Survey, harapannya supaya pada saat pelaksanaan AKM Nasional nanti, siswa yang mengikuti ujian mendapatkan predikat Mahir,” harap Jazim.

Pada kegiatan tersebut, pihak madrasah juga menyediakan perangkat komputer di laboratorium madrasah bagi siswa yang mengalamai kendala dalam sinyal internet maupun tidak mempunyai perangkat handphone, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti yang diungkapkan oleh proktor madrasah, Imam Taufiq, S.Kom.(imm)

*Tetap Sehat dan Semangat*

*#LawanCovid-19*

Kontributor : MTSN8SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 210

Bagikan