Dewi, Pengisi Suara Video MTsN 9 Bantul Ternyata Mantan Penyiar Radio


Dewi, Pengisi Suara Video MTsN 9 Bantul Ternyata Mantan Penyiar Radio
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-11 18:25:21

Bantul (MTsN 9 Bantul) -- Sabtu (09/01/2021), Dewi Sinta Puspitasari, S.Pd., pengisi suara di semua video MTsN 9 Bantul ternyata adalah mantan penyiar radio. Diwawancari melalui pesan WhatsApp, Dewi mengaku memulai karir menjadi penyiar radio sejak ia masih di bangku SMA kelas X, sekitar tahun 2006. Berawal dari radio komunitas Swadesi 107,9 FM di daerah Pleret, Bantul, Dewi ingin mencoba juga menjadi penyiar radio yang jangkauan saiarannya lebih luas. Kemudian, ia mengembangkan karir menjadi penyiar radio Kota Perak 94,6 FM yang bertempat di Jalan Pramuka. Sayangnya, beberapa tahun kemudian, seluruh karyawan dan penyiar radio diberhentikan karena pergantian manajemen dan pemilik radio.

Dewi selanjutnya bekerja menjadi penyiar radio Persatuan Bantul 94,2 FM di daerah Bantul selatan. Selama menjadi penyiar, Dewi membawakan berbagai program acara, mulai dari pengajian, berita, lagu nostalgia, lagu pop, lagu dangdut, sampai lagu campursari. Awalnya, Dewi mengaku senang dengan dunia siaran. Ia bahkan sempat ikut kursus broadcast penyiaran selama satu tahun di daerah Pleret, Bantul. Meskipun lamaran kerjanya menjadi penyiar sempat tertolak beberapa radio, tetapi Dewi tetap berusaha mewujudkan hasratnya.

"Setelah lulus kursus dan melihat semua teman menjadi penyiar, saya juga ingin menyalurkan apa yang telah saya pelajari," papar Dewi.

Selama kuliah keguruan jurusan Pendidikan Bahasa Jawa, Dewi masih tetap siaran. Akan tetapi, setelah lulus kuliah, menikah, dan mengajar di MTsN 9 Bantul, Dewi merasa kesulitan membagi waktu. Pasalnya, setelah mengajar ia harus ke Bantul selatan untuk siaran dan pulang larut malam. Ia juga merasa kurang dalam berbagi perhatian pada Gibran Arbani, anak semata wayangnya.

Mengenai suaranya yang merdu, Dewi mengaku tidak ada tips khusus. Ia menjelaskan bahwa semua orang bisa memiliki suara yang bagus asal mau berlatih olah vocal. Selain itu, ia juga biasa membaca tips-tips untuk menjadi penyiar dan pembawa acara yang baik. Tidak heran jika Dewi menjadi langganan pembawa acara dalam berbagai helatan di MTsN 9 Bantul.

"Tidak ada tips khusus. Semua orang bisa asal senang, niat, dan latihan olah vocal," tutup Dewi. (as) 

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 186

Bagikan