MTsN 3 Sleman Laksanakan Try Out Asesmen Kompetensi Minimum


MTsN 3 Sleman Laksanakan Try Out Asesmen Kompetensi Minimum Seorang siswi kelas VIII MTsN 3 sleman mengerjakan tryout AKM
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-01-11 17:14:52

Sleman (MTsN 3 Sleman) – Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif dalam masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM yaitu: literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup ketrampilan berpikir logis-sistematis, ketrampilan menalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta ketrampilan memilah dan mengolah informasi.

Untuk mengukur kesiapan siswa kelas VIII menghadapi AKM tahun 2021, MTsN 3 Sleman mengadakan try out AKM yang dilaksanakan pada 11- 12 Januari 2021. “Kegiatan try out AKM kelas VIII ini dilaksanakan dalam rangka mengukur kesiapan siswa menghadapi AKM Tahun 2021. Hasil tryout akan dijadikan bahan evaluasi hasil belajar siswa walaupun dalam masa pandemi,” tegas Kepala Madrasah  MTsN 3 Sleman Paijo, S,Ag saat ditemui di ruangannya.

MTsN 3 Sleman Laksanakan Try Out Asesmen Kompetensi Minimum

Sementara Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum Mulyono, S.Pd, MA menambahkan, para siswa sedini mungkin harus dikenalkan dengan jenis dan karakter soal AKM karena ini merupakan sesuatu yang baru bagi mereka. Lebih lanjut, Mulyono menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari roadmap MTsN 3 Sleman dalam rangka mengantarkan siswa meraih prestasi dalam AKM yang akan datang.

Aplikasi yang digunakan untuk tryout AKM adalah Edubrand. Peserta mengerjakan soal tryout dari rumah dengan gawai mereka. Terdapat tiga proktor dan satu teknisi yang bertanggung jawab mengendalikan sistem aplikasi. Muhammad Aunurrohim, S.Pd salah satu proktor MTsN 3 Sleman mengutarakan terdapat beberapa kendala dalam tryout hari ini. Aplikasi kadang terlalu berat untuk handphone yang memorinya hampir penuh. Dalam beberapa kasus, siswa  mendapati aplikasinya terputus (disconnect)  saat menekan tombol “selesai”.

Peserta tryout AKM MTsN 3 Sleman telah melakukan simulasi pada minggu kemarin sehingga hari ini para peserta sudah lebih siap. Wali Kelas VIII mendampingi pelaksanaan tryout dengan terus berkomunikasi dengan siswa melalui whatsapp group guna memantau dan membantu menyelesaikan kendala yang dihadapi. (dee)

Kontributor : MTSN3SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 298

Bagikan